Scroll Untuk Tutup Iklan
Kab Boalemo

Pj Bupati Boalemo Paparkan Rencana Peningkatan Infrastruktur Transportasi

591
×

Pj Bupati Boalemo Paparkan Rencana Peningkatan Infrastruktur Transportasi

Sebarkan artikel ini
Aktivitas di pelabuhan Tilamuta, Kabupaten Boalemo. (foto/istimewa)

DIGIMEDIA.ID – Penjabat Bupati Boalemo, Sherman Moridu, menyampaikan rencana untuk meningkatkan status Pelabuhan Boalemo dari Pengumpan menjadi Pelabuhan Pengumpul.

Hal ini disampaikannya saat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Gorontalo Tahun 2023 – 2043, yang diadakan pada Kamis, 19 Oktober 2023, di Fairmont Jakarta.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

“Saat ini sedang diadakan perluasan pelabuhan pengumpan, yang Insya Allah statusnya bisa naik dari pengumpan menjadi pelabuhan pengumpul,” kata Pj. Bupati Sherman Moridu.

Selain itu, Pj. Bupati juga berharap untuk meningkatkan status terminal tipe C di Tilamuta menjadi terminal tipe B dan mengalokasikan kawasan pertambangan mineral di Kabupaten Boalemo.

Terminal tipe B memiliki peran pelayanan yang lebih luas dibandingkan dengan terminal tipe C, Terminal tipe B berperan melayani kendaraan umum AKDP (Angkutan Kota Dalam Provinsi) yang dipadukan dengan pelayanan angkutan dalam kota dan/atau angkutan pedesaan.

Sehingga dengan peningkatan status ini, diharapkan terminal dapat meningkatkan kapasitas dan fungsi, memungkinkan untuk melayani lebih banyak jenis transportasi dan memfasilitasi pergerakan orang dan barang secara lebih efisien.

Ini juga diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan infrastruktur transportasi Kabupaten Boalemo.

Pj Bupati juga meminta Provinsi Gorontalo untuk mengalokasikan kawasan peruntukan industri Kabupaten Boalemo di beberapa lokasi.

Yakni Desa Lahumbo Kecamatan Tilamuta, Desa Polohungo Kecamatan Dulupi dan Kota Terpadu Mandiri di Kecamatan Wonosari.

“Pada prinsipnya kami Pemda Boalemo meminta untuk melakukan sinkronisasi kembali, revisi RTRW Kabupaten Boalemo dengan RTRW Provinsi,” tutur Pj. Bupati Sherman Moridu.

Baca Juga  Masuk Kloter Pertama Gorontalo, 49 Jamaah Calon Haji Boalemo Resmi Dilepas Pj Sekda Supandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Honda