Scroll Untuk Tutup Iklan
Gorontalo

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023: Penjagub Ismail Irup Upacara

104
×

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023: Penjagub Ismail Irup Upacara

Sebarkan artikel ini
Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya saat memberikan amanat pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 yang berlangsung di halaman Rujab Gubernur, Kota Gorontalo, Kamis (1/6/2023). (Foto: Nova/Pemprov Gorontalo)

DIGIMEDIA.ID- Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 digelar di halaman Rujab Gubernur, Kota Gorontalo, pada Kamis (1/6/2023), dengan Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya sebagai inspektur upacara. Acara ini dihadiri oleh berbagai unsur, termasuk Forkopimda, Pimpinan OPD, TNI/Polri, siswa SMA se-Kota Gorontalo, dan anggota Kwarda Gerakan Pramuka Gorontalo.

Letkol CHB Nurahmat, sehari-hari menjabat sebagai Komandan Detasemen Perhubungan Korem 133/NWB, bertindak sebagai komandan upacara, sementara peran perwira upacara diemban oleh Komisaris Polisi Ismet Yusuf, lulusan Sekolah Inspektur Polisi tahun 2009.

Dalam amanatnya, Penjagub Ismail menegaskan bahwa Pancasila adalah prinsip hidup yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan merupakan identitas utama bangsa Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan.

Ia menyatakan, “Pancasila merupakan pijakan dasar negara kita yang lahir dari perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajah. Pancasila merupakan hasil kristalisasi nilai-nilai luhur yang hidup di tengah masyarakat Indonesia yang beragam, baik suku, agama, budaya, maupun adat istiadat.”

Penjagub mengajak seluruh masyarakat untuk bekerja sama, saling menghormati, dan saling memberi manfaat dalam membangun peradaban dan pertumbuhan global. Ia menekankan pentingnya kesadaran akan tanggung jawab menjaga perdamaian dunia, mendorong penghormatan terhadap hak asasi manusia, menjaga kelestarian lingkungan hidup, serta menjadi bagian dari solusi, bukan masalah.

“Mari kita tunjukkan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang menjunjung tinggi Pancasila. Bangsa yang memiliki semangat gotong royong yang kuat dan mampu memberikan kontribusi positif dalam pembangunan peradaban dan pertumbuhan global,” tambah Ismail.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 mengusung tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2016 dan menjadi hari libur nasional. (Ane)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO