Scroll Untuk Tutup Iklan
Ekonomi

Pemkot Gorontalo Perkuat Sektor UMKM melalui Program Perbankan

129
×

Pemkot Gorontalo Perkuat Sektor UMKM melalui Program Perbankan

Sebarkan artikel ini
Foto: Arsip Pemkot Gorontalo

DIGIMEDIA.ID- Pemerintah Kota Gorontalo telah menjalin kemitraan dengan sektor perbankan untuk memberikan dukungan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar dapat bertahan dan berkembang di tengah tantangan ekonomi saat ini. Langkah tersebut dilakukan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dijalankan oleh Bank SulutGo.

Dalam rangka mendukung UMKM di Kota Gorontalo, program KUR telah mencapai 18 UMKM dengan memberikan mereka akses permodalan yang dibutuhkan.

Selain itu, Pemerintah Kota Gorontalo juga memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk mereka melalui Karawo BSG KUR Festival 2023. Festival ini, yang digelar selama 10 hari di parkiran barat Citimall Gorontalo, diresmikan oleh Walikota Gorontalo, Marten Taha, pada Kamis, 1 Juni 2023.

Walikota Gorontalo, Marten Taha, menyatakan bahwa festival ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi ekonomi masyarakat Kota Gorontalo, terutama bagi para pelaku UMKM.

Dengan adanya Karawo BSG KUR Festival, UMKM di Kota Gorontalo akan mendapatkan dukungan dalam hal promosi dan akses pemasaran, yang diharapkan akan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan meningkatkan baik jumlah maupun kualitas UMKM di wilayah tersebut.

Kota Gorontalo, yang secara dominan mengandalkan sektor perdagangan dan jasa, memandang peran UMKM sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi di kota ini.

Namun, tantangan yang sering dihadapi oleh UMKM adalah keterbatasan permodalan. Walikota Gorontalo, Marten Taha, menyambut baik hadirnya Program KUR dari Bank SulutGo sebagai solusi untuk membantu pengusaha UMKM dalam mengembangkan usaha mereka.

Dalam acara tersebut, Walikota Gorontalo, Marten Taha, juga mengungkapkan tingkat pertumbuhan ekonomi Kota Gorontalo sebelum dan selama pandemi COVID-19.

Marten menyampaikan bahwa meskipun Kota Gorontalo mengalami fluktuasi ekonomi yang signifikan, dengan berbagai upaya dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk Bank SulutGo, pemerintah setempat berhasil mempercepat pemulihan ekonomi. Pada tahun 2021, Kota Gorontalo mencatat pertumbuhan ekonomi positif sebesar 2,81%.

Sebagai bentuk komitmen terhadap pembangunan ekonomi Kota Gorontalo, PT. Bank SulutGo juga memberikan sumbangan Tanggung Jawab Sosial (TJS) sebesar Rp. 1.025.000.000 kepada Wali Kota Gorontalo. Sumbangan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam peningkatan ekonomi dan pembangunan Kota Gorontalo. (Ane)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO