Scroll Untuk Tutup Iklan
Kota Gorontalo

Pemilu 2024, Optimalkan Keamanan dengan Keterlibatan SatKamling di Seluruh Kota Gorontalo

297
×

Pemilu 2024, Optimalkan Keamanan dengan Keterlibatan SatKamling di Seluruh Kota Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Arsip Kota Gorontalo

DIGIMEDIA.ID – Walikota Gorontalo Marten Taha mengatakan semua kelurahan dikota gorontalo telah memiliki Satuan Keamanan Lingkungan (SatKamling). untuk memperkuat peran satkamling dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat, pemerintah kota gorontalo mendapat dukungan dari kepolisian dengan menempatkan polisi RW.

Dengan demikian lanjut marten wilayah kota gorontalo sudah memimiliki perisai yang kokoh dalam menjaga stabilitas lingkungan agar tetap terjaga.

“ di 50 kelurahan sudah ada Satkamling, ditambah ada Polisi RW jadi sudah lengkap semuanya,” Jelas Marten kepada media usai Apel Satuan Keamanan Lingkungan (SatKamling) di Lapangan Taruna Remaja, Rabu, (21/06/23).

ia mengungkapkan keberadaan Polisi RW merupakan ketetapan dari Pihak Polresta Gorontalo Kota. mereka adalah polisi yang tinggal disatu lingkungan tertentu dan diperbantukan untuk SatKamling.

“ Dimanapun polisi tersebut bertugas yang penting tinggal diwilayah itu, Pak Kapolres menetapkan dia sebagai Polisi RW. tugasnya membantu SatKamlingMas di pos-pos satkamling untuk melakukan pengamanan,”ucap Marten.

Meski begitu, Marten mengaku SatKamling di Kota Gorontalo masih perlu dilengkapi dengan peralatan yang memadai. dalam mendukung tugas tersebut, Pemerintah Kota Gorontalo terus berupaya untuk memenuhi kekurangan yang ada.

“Karena pos kamling tidak hanya sekedar pos tapi harus didukung oleh sarana prasaraana yang dibutuhkan. Misalnya alat pemadam sederhana, sehinga biar terjadi sesuatu langsung ditindaki. Kedua alat-alat yang dibutuhkan untuk meneriakkan kepada masyarakat berupa kentongan dan megaphone. Ada alat penerangan senter dan Alat kesehatan TS3K, serta seluruh kebutuhan yang diperlukan. peralatan ini akan kita bantu ke pihak kepolosian , mudah-mudahan bisa lengkap seluruhnya,” kata Marten.

Sementara itu, Pelaksanaan Pemilu 2024 akan menjadi PR besar untuk SatKamling diseluruh kota/kabupaten. Untuk itu, Marten berharap unit ini akan menjadi garda depan untuk memelihara ketertiban dan keamanan.

“Sebagaimana disampaikan oleh pak gubernur tadi, mari kita pelihara keamanan dan ketertiban, menciptakan situasi yang kondusif agar pemilu berlangsung dengan sukses aman tertib dan tentunya akan bisa memberikan manfaat bagi kita semua,” ujarnya. (Ane)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO