Scroll Untuk Tutup Iklan
Kab Gorontalo Utara

Pemda Gorut Ingatkan Warga untuk Waspada Kebakaran Lahan Dampak El Nino

179
×

Pemda Gorut Ingatkan Warga untuk Waspada Kebakaran Lahan Dampak El Nino

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Utara, Suleman Lakoro, saat wawancara, usai menyerahkan bantuan kepada keluarga korban kebakaran di Desa Mo'otinelo Kecamatan Kwandang, Jumat (8/9/2023).

DIGIMEDIA.ID – Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara terus mengingatkan masyarakat untuk waspada menghadapi dampak dari fenomena El Nino yang mengakibatkan kurangnya curah hujan dan berpotensi kekeringan.

Dalam menghadapi situasi ini, pemerintah daerah berharap agar pemerintah kecamatan dan desa dapat terus mengingatkan masyarakat untuk mencegah kebakaran hutan, lahan, serta rumah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Utara, Suleman Lakoro, menyampaikan imbauan ini saat menyerahkan bantuan kepada keluarga korban kebakaran di Desa Mo’otinelo, Kecamatan Kwandang.

Suleman Lakoro menekankan pentingnya peran pemerintah kecamatan dan desa dalam mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) serta kebakaran rumah.

Dia juga mengingatkan masyarakat yang ingin membersihkan lahannya dengan cara membakar agar waspada terhadap kondisi angin yang kencang.

Pemantauan satelit dari BMKG menunjukkan adanya empat titik api di wilayah Gorontalo Utara, menandakan adanya pembakaran hutan. Upaya pemadam kebakaran berhasil memadamkan kebakaran di daerah Anggrek.

Suleman Lakoro menegaskan bahwa menjaga keamanan dari kebakaran bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah, kecamatan, atau desa, tetapi merupakan tanggung jawab bersama untuk berhati-hati.

Selain mengantisipasi kebakaran, masyarakat di musim kemarau juga menghadapi kekurangan air. Pemerintah daerah telah berkoordinasi dengan pihak Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) untuk menyuplai air kepada desa-desa yang membutuhkan sesuai jadwal yang disusun oleh PUDAM.

Pemerintah daerah telah mengambil tindakan proaktif dalam mengatasi situasi darurat seperti kebakaran dan kekurangan air untuk memberikan bantuan seefisien mungkin kepada masyarakat.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO