Scroll Untuk Tutup Iklan
Headline

Pakaian Adat Gorontalo jadi pusat perhatian di Karnaval Budaya Nusantara APEKSI XVI Makassar

722
×

Pakaian Adat Gorontalo jadi pusat perhatian di Karnaval Budaya Nusantara APEKSI XVI Makassar

Sebarkan artikel ini
Arsip Kota Gorontalo

DIGIMEIDA.ID – Karnaval budaya nusantara menjadi salah satu acara yang paling dinanti dalam rangkaian pelaksanaan Rakernas APEKSI XVI tahun 2023.

Acara tersebut tidak hanya menarik perhatian seluruh wali kota dari berbagai penjuru Tanah Air, tetapi juga masyarakat Kota Makassar yang memadati jantung ibu kota daerah yang terkenal dengan julukan Angin Mamiri ini pada Rabu malam (12/07/2023).

Pemerintah Kota Gorontalo turut meramaikan dan memberikan warna pada karnaval budaya nusantara tersebut. Sebanyak 5.000 pasang mata dari masyarakat Kota Makassar terkagum-kagum menyaksikan penampilan kontingen Kota Gorontalo yang memukau dengan pakaian adat khas Gorontalo.

Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, memimpin rombongan dengan mengenakan pakaian adat Gorontalo Andale Alapia, sementara Ketua TP PKK Kota Gorontalo, Jusmiati Taha K. Demak, juga tampil anggun dengan pakaian adat Gorontalo Bili’u.

“Karnaval budaya nusantara ini, sebagai bagian dari Rakernas APEKSI XVI tahun 2023, merupakan upaya untuk mempromosikan budaya nusantara, terutama budaya Gorontalo.

Kami dari kontingen Pemerintah Kota Gorontalo, secara keseluruhan mengenakan pakaian adat khas Gorontalo,” ujar Wali Kota Gorontalo dengan bangga.

Menariknya, dalam karnaval budaya nusantara ini, masyarakat asal Gorontalo yang tinggal di Kota Makassar turut hadir sebagai penonton.

Bahkan, ketika kontingen Kota Gorontalo sedang berjalan menuju garis finis, mereka memberikan sambutan hangat kepada Wali Kota Gorontalo dan kontingen dari Kota Gorontalo.

“Saya dan teman-teman sangat bangga mengetahui bahwa ada banyak masyarakat asal Gorontalo yang tinggal di Kota Makassar dan berkontribusi di daerah ini.

Sepanjang perjalanan kami menuju garis finis, mereka memberikan sambutan yang hangat kepada kami,” ungkap Wali Kota Gorontalo dengan senyuman.

Selain itu, Ketua TP PKK Kota Gorontalo, Jusmiati Taha K. Demak, menjelaskan bahwa kontingen Kota Gorontalo juga menggunakan kesempatan ini untuk mempromosikan pakaian adat Gorontalo, seperti Paluwala untuk pria dan Bili’u untuk wanita.

“Pakaian adat Gorontalo, seperti yang pernah saya baca, memiliki keaslian dengan ornamen yang indah dan beragam, menggabungkan berbagai budaya yang masuk dan bercampur di masyarakat Gorontalo.

Hal ini membuatnya terlihat tampan dan cantik bagi pasangan yang mengenakannya,” tambah Ketua TP PKK Kota Gorontalo.

Karnaval budaya nusantara di Rakernas APEKSI XVI tahun 2023 berhasil memukau masyarakat Kota Makassar dengan kekayaan budaya Indonesia yang terwujud dalam penampilan kontingen Kota Gorontalo.

Acara ini tidak hanya menjadi ajang promosi budaya, tetapi juga sarana mempererat tali persaudaraan antara masyarakat asal Gorontalo yang tinggal di Kota Makassar dan perwakilan pemerintah Kota Gorontalo. (Cui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO