Scroll Untuk Tutup Iklan
Ekonomi

P3PD Penting untuk Meningkatkan Kapasitas Desa, Sekdaprov: Desa harus bisa Mandiri secara Finansial

276
×

P3PD Penting untuk Meningkatkan Kapasitas Desa, Sekdaprov: Desa harus bisa Mandiri secara Finansial

Sebarkan artikel ini
Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki saat membuka sekaligus menjadi narasumber pada Konsolidasi P3PD Tingkat Provinsi Gorontalo, di Hotel Aston, Senin (6/11/2023). (Foto : Mila) [Arsip Pemprov Gorontalo]

DIGIMEDIA.ID – Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki, mengatakan bahwa Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD) sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kapasitas desa dalam mengelola pembangunannya.

Hal ini disampaikannya saat membuka Konsolidasi P3PD Tingkat Provinsi Gorontalo, yang digelar di Hotel Aston, Senin (6/11/2023).

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
PPP
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Menurut Budiyanto, desa harus bisa mandiri secara finansial dan tidak tergantung pada dana desa yang bersifat stimulus.

Desa memiliki kebebasan untuk mengembangkan pendapatan desanya yang bisa lebih besar dari dana transfer melalui dana desa.

“Desa itu punya kebebasan dalam konteks normatif regulasi untuk mengembangkan desanya memiliki pendapatan yang jauh lebih besar dibandingkan dana transfer melalui dana desa ini..”

“Dana desa ini dia sifatnya hanya memberikan stimulus,” kata Budiyanto.

Oleh karena itu, Budiyanto menekankan pentingnya P3PD untuk memperkuat kapasitas desa agar bisa memiliki kecakapan dan kompetensi yang baik dalam mengelola pembangunan desanya.

Salah satu aspek yang perlu ditingkatkan adalah kualitas perencanaan dan kualitas belanja.

Budiyanto juga mengharapkan agar desa dapat memprioritaskan hal-hal spesifik yang berkaitan dengan pelayanan utama dan isu nasional yang sesuai dengan visi desa.

Sebagai contoh, ia menyebutkan tentang tengkes dan kemiskinan ekstrim.

“Perlu kita memperkuat sinergi. Pada rapat ini kita konsolidasikan pendanaan P3PD di tingkat Provinsi Gorontalo melalui pendanaan tingkat pusat maupun apa yang perlu di backup dinas tertentu pada program ini sesuai prioritas,” ujar Budiyanto.

Selain itu, Budiyanto juga mengatakan bahwa konsolidasi pendanaan dalam P3PD ini harus mendapat perhatian dari pemerintah daerah.

Sehingga melalui Kemendes program ini dapat terus disinergikan dengan peran masing-masing pemerintah kabupaten/kota.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO