Scroll Untuk Tutup Iklan
Daerah

Optimalisasi Layanan Sosial, Pj Gubernur Gorontalo Luncurkan Aplikasi Sidak Sosial

126
×

Optimalisasi Layanan Sosial, Pj Gubernur Gorontalo Luncurkan Aplikasi Sidak Sosial

Sebarkan artikel ini
Pj. Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin saat memberikan sambutan pada peluncuran aplikasi Sistem Informasi Data dan Kelembagaan Sosial Berbasis Digital (Sidak Sosial), Senin (18/11/2024). (Foto: Nova – Kominfotik)

DIGIMEDIA.ID – Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo, Rudy Salahuddin, secara resmi meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Data dan Kelembagaan Sosial Berbasis Digital (Sidak Sosial) pada Senin (18/11/2024).

Acara peluncuran yang diselenggarakan di Aula Rumah Jabatan Gubernur tersebut juga dirangkaikan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA).

Aplikasi Sidak Sosial merupakan inovasi yang dikembangkan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Gorontalo dengan tujuan meningkatkan efisiensi dalam pengolahan data dan pelayanan sosial.

Kepala Dinsos, Sagita Wartabone, menyatakan bahwa terobosan ini diharapkan mampu mempercepat proses pengolahan data dan memperkuat pelayanan sosial yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Hari ini kami memperkenalkan Sidak Sosial, yakni sebuah inovasi yang diharapkan mampu mengoptimalkan pengolahan data dan mempercepat pelayanan sosial untuk pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang sosial di tingkat provinsi Gorontalo,” ujar Sagita.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Rudy Salahuddin menekankan pentingnya pengelolaan data sosial yang akurat dan andal sebagai kunci untuk memberikan pelayanan sosial yang tepat sasaran.

Menurutnya, Sidak Sosial hadir sebagai terobosan penting yang akan meningkatkan kualitas pengelolaan data dan pelayanan kesejahteraan sosial di Provinsi Gorontalo.

“Melalui sistem ini kita dapat mengelola dan memperbarui data secara real time, sehingga proses pelayanan sosial dapat dilakukan lebih cepat, efisien, dan terkoordinasi dengan baik. Olehnya, saya yakin dengan hadirnya Sidak Sosial ini, kita dapat meningkatkan kualitas pengelolaan data dan pelayanan sosial di Provinsi Gorontalo,” ungkap Rudy.

Pada momen tersebut, Rudy Salahuddin juga menyerahkan instruksi gubernur tentang penerapan sistem informasi, data, dan kelembagaan sosial berbasis digital di Provinsi Gorontalo.

Instruksi ini diserahkan kepada berbagai pihak terkait, termasuk Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota, Koordinator TKSK, Pimpinan LKS/LKSA, serta Koordinator PSM Provinsi Gorontalo.

Peluncuran Sidak Sosial ini diharapkan dapat menjadi langkah maju dalam memastikan pelayanan sosial yang lebih responsif, akurat, dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat di Provinsi Gorontalo.(*)

UMGO

Maaf, Halaman ini Tidak Bsa Di Copy