Scroll Untuk Tutup Iklan
Hukum

Mudahkan Integrasi Anak Binaan, LPKA Gorontalo Luncurkan Inovasi TORETO SIAGA ABG

333
×

Mudahkan Integrasi Anak Binaan, LPKA Gorontalo Luncurkan Inovasi TORETO SIAGA ABG

Sebarkan artikel ini
Lembaga Pembinaan Khusus Anak Gorontalo UPT Kanwil Kemenkumham Gorontalo melaksanakan Launching inovasi TORETO SIAGA ABG. Bertempat di Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Jumat (20/10/2023). [Arsip Kemenkumham Gorontalo]

DIGIMEDIA.ID – Pada Jumat, 20 Oktober 2023, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Gorontalo meluncurkan inovasi bernama TORETO SIAGA ABG.

Inovasi ini bertujuan untuk mempermudah pemenuhan administrasi saat pengusulan integrasi anak binaan yang telah memenuhi syarat substantif dan administratif sesuai ketentuan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 03 tahun 2018 tentang syarat dan tata cara pemberian hak-hak warga binaan/anak binaan.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
ADV
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

TORETO SIAGA ABG sendiri adalah merupakan singkatan dari Mobil Toreto (Toyota Renovasi Total) dan Tim Siaga (Siap Antar Jaga).

Sehingga dapat bergerak datang ke tempat tinggal orang tua anak binaan untuk menjemput administrasi integrasi yang telah lengkap ditandatangani oleh orang tua dan pemerintah setempat, yaitu lurah atau kepala desa, untuk pengurusan integrasi.

Sementara itu, Tim Siaga adalah satuan petugas yang bertugas mengoperasikan Mobil Toreto, menjemput administrasi di tempat tinggal orang tua anak binaan, melakukan verifikasi administrasi oleh operator, dan mengusulkan integrasi pada Sistem Data Base Pemasyarakatan (SDP) dari unit pelaksana teknis sampai ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Jika surat keputusan integrasi telah keluar, unit layanan Toreto Siaga abg siap mengantarkan anak binaan menuju balai pemasyarakatan untuk penyerahan pembimbingan tahap akhir.

Tujuannya adalah untuk menciptakan pelayanan integrasi dengan kemudahan akses dalam pengurusan pemenuhan persyaratan administrasi, memastikan terpenuhinya akuntabilitas pelayanan integrasi anak binaan, serta mewujudkan penurunan hunian anak binaan LPKA Gorontalo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO