Scroll Untuk Tutup Iklan
Otomotif

Mekanik Sinar Krida ini berbagi Tips Jitu Merawat Motor yang Wajib Anda Ketahui

221
×

Mekanik Sinar Krida ini berbagi Tips Jitu Merawat Motor yang Wajib Anda Ketahui

Sebarkan artikel ini
Sahrul Olii, Mekanik Sinar Krida Limboto

DIGIMEDIA.ID – Merawat motor dengan benar adalah kunci untuk memastikan performa dan umur panjang kendaraan bermotor.

Untuk itu, kami berbicara dengan Sahrul Olii, Mekanik berpengalaman dari bengkel resmi Honda Sinar Krida, untuk mendapatkan wawasan tentang cara merawat motor dengan benar.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Sahrul, yang telah bekerja sebagai mekanik motor selama lebih dari 5 tahun, memberikan beberapa tips penting untuk pemilik motor agar dapat menjaga kendaraan mereka dalam kondisi terbaik.

Berikut adalah ringkasan dari pembicaraan kami dengan Sahrul.

  1. Ganti Oli secara Teratur: Sahrul menekankan pentingnya mengganti oli secara teratur sesuai dengan jadwal yang disarankan oleh produsen motor. Oli yang bersih dan segar adalah kunci untuk menjaga kinerja mesin motor. Pastikan juga untuk menggunakan oli yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan motor Anda.
  2. Periksa dan Bersihkan Filter Udara: Filter udara yang kotor dapat mempengaruhi aliran udara ke mesin, yang dapat mengurangi performa motor. Sahrul menyarankan untuk memeriksa filter udara secara berkala dan membersihkannya jika diperlukan. Gantilah filter udara yang sangat kotor untuk menjaga aliran udara yang optimal.
  3. Rutin Periksa dan Ganti Busi: Busi yang baik adalah kunci untuk pembakaran yang efisien dalam mesin motor. Sahrul menyarankan untuk memeriksa busi secara berkala dan menggantinya sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Pastikan juga untuk menggunakan busi yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda.
  4. Lindungi Motor dari Suhu Ekstrem: Suhu yang ekstrem, baik panas maupun dingin, dapat mempengaruhi kinerja motor. Sahrul menyarankan untuk melindungi motor dari suhu ekstrem dengan memarkirnya di tempat yang teduh saat cuaca panas, dan menggunakan cover motor saat parkir di luar saat cuaca dingin dan hujan.
  5. Perhatikan Tekanan Ban: Tekanan ban yang tidak tepat dapat mempengaruhi kinerja kendaraan dan bahkan membahayakan keselamatan Anda. Sahrul menekankan pentingnya memeriksa dan menjaga tekanan ban yang sesuai sesuai rekomendasi pabrikan. Pastikan juga untuk memeriksa keausan ban secara berkala.
Baca Juga  Geely Automobile Holdings Bantah Kabar Pembangunan Pabrik Kendaraan Listrik di Indonesia

Sahrul juga menyarankan pemilik motor untuk melakukan servis rutin di bengkel resmi dan mengikuti panduan pemeliharaan yang diberikan oleh produsen.

“Ya pak bos, memang sudah rekomendasi dari pabrikan untuk service di bengkel resmi karena mekanik di bengkel resmi memiliki keahlian yang baik, mereka mengikuti uji kelayakan dan memiliki sertifikat kemudian dealer resmi memiliki peralatan yang lengkap”, Ungkapnya.

Dengan merawat motor secara teratur dan memperhatikan tindakan pencegahan, pemilik motor dapat memastikan motor mereka tetap dalam kondisi optimal dan berumur panjang.

Sebagai penutup, Sahrul mengatakan, “Merawat motor dengan benar bukan hanya tentang perawatan fisik, tetapi juga tentang memahami dan mengikuti panduan yang diberikan oleh produsen.

Dengan melakukan hal ini, Anda dapat menikmati pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan(Ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *