Scroll Untuk Tutup Iklan
Pendidikan

LP2M UMGO Lakukan Penarikan Mahasiswa KKD Klaster Pentagon

163
×

LP2M UMGO Lakukan Penarikan Mahasiswa KKD Klaster Pentagon

Sebarkan artikel ini
Sebanyak 25 mahasiswa Kuliah Kerja Dakwah (KKD) Angkatan XXII Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) klaster Pentadio Gorontalo (Pentagon), resmi ditarik oleh Wakil Rektor III UMGO, Dr. Apris Ara Tilome. Kegiatan penarikan mahasiswa KKD tahun 2023 dilaksanakan di Laboratorium Lapang Terpadu UMGO pada Jum'at 21 Juli 2023

DIGIMEDIA.ID – Sebanyak 25 mahasiswa Kuliah Kerja Dakwah (KKD) Angkatan XXII Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) klaster Pentadio Gorontalo (Pentagon), resmi ditarik oleh Wakil Rektor III UMGO, Dr. Apris Ara Tilome.

Kegiatan penarikan mahasiswa KKD tahun 2023 dilaksanakan di Laboratorium Lapang Terpadu UMGO pada Jum’at 21 Juli 2023 dirangkaikan dengan peresmian Kebun Buah Naga.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) klaster Pentagon, Tisen M.Pd., mengatakan dari seluruh lokasi pelaksanaan KKD terintegrasi dengan Program MBKM namun khusus untuk Pentagon adalah KKD tematik namun pelaksanaannya bersamaan dengan KKD MBKM untuk peserta di dominasi oleh mahasiswa non reguler.

“Mereka disini telah melakukan pembenahan lahan buah dan membuat taman buah naga, alasannya dipilih tumbuhan ini karena buah naga adalah tumbuhan kaktus yang lebih toleran terhadap kondisi kering sesuai dengan kondisi lahan yang kita miliki,” Jelasnya.

Lanjutnya, dalam waktu sebulan bibitnya sudah ada perkembangan dan langsung bisa ditanam dan disediakan media untuk merambat.

“Mereka juga mencoba menanam ubi jalar mengunakan media karung untuk menghambat pertumbuhan rumput liar dan mencoba apakah metode ini layak diterapkan di laboratorium lapang, selain itu mereka juga menata gazebo disekitaran taman buah yang bisa dijadikan tempat belajar bagi mahasiswa agribisnis yang sering ke laboratorium lapang.

Untuk kedepannya kami akan mempersiapkan produk turunanan dari tanaman yang ada dan mengarahkan mahasiswa yang memperogramkan mata kuliah kewirausahaan untuk praktek dan memasarkan langsung hasil produk yang ada di laboratorium lapang ini,” ujarnya.

Kemudian Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi dan terima kasih kepada Mahasiswa KKD UMGO yang telah bekerja sama dengan pihak kampus, untuk menata dan mengembangkan potensi yang ada di UMGO karena dalam kerja sama tersebut banyak hal-hal positif yang dapat diambil, baik mahasiswa maupun UMGO sendiri.

“Alhamdulillah saya menilai KKD kali ini memberi kemajuan, dimana saya melihat Laboratorium Lapang ini semakin membaik dan adik-adik selalu berupaya menghasilkan produk dan program yang bisa bermanfaat bagi kampus.

Apalgi dengan adanya taman buah naga saya rasa ini hal yang sangat bagus. Semoga KKD selanjutnya akan lebih mengembangkan eduwisata ini sehingga dapat mengundang daya tarik masyarakat untuk ke UMGO,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakil Rektor II, Dr. Salahudin Pakaya, Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome, Ketua LPPM UMGO, Dr. Indri Afriani Yasin Ph.D., DPL klaster Pentagon, Tisen M.Pd., serta mahasiswa KKD UMGO klaster Pentagon.(Juli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO