Scroll Untuk Tutup Iklan
Kab Gorontalo

Kunjungan Menteri Agama RI Disambut dalam Tradisi Adat Mopotilolo

73
×

Kunjungan Menteri Agama RI Disambut dalam Tradisi Adat Mopotilolo

Sebarkan artikel ini
Menteri Agama RI Kunjungi Gorontalo dengan Sambutan Meriah dalam Tradisi Adat Mopotilolo

DIGIMEDIA.ID- Menteri Agama RI, KH. Yaqut Cholil Qoumas, melakukan kunjungan ke Provinsi Gorontalo pada hari Minggu (21/5/2023).

Dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia, Menag dan rombongan tiba di Terminal Bandar Udara Djalaludin baru pada pukul 11.13 Wita.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Mereka kemudian melanjutkan perjalanan menuju ruang VIP Terminal Bandara Lama, di mana mereka disambut dengan adat Mopotilolo.

Kedatangan Menag disambut dengan hangat oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, Penjabat Sekdaprov Gorontalo, unsur Forkopimda, perwakilan pimpinan OPD, serta sejumlah jajaran Kementerian Agama Provinsi Gorontalo.

Mopotilolo merupakan upacara adat khas Gorontalo yang digelar untuk menyambut pejabat negara yang pertama kali menginjakkan kaki di Gorontalo.

Upacara penyambutan ini dipimpin oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa, dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo.

Dalam suasana yang penuh semangat, upacara Mopotilolo diiringi oleh tabuhan genderang adat dan tarian Longgo, tarian perang khas Gorontalo.

Setelah tiba di ruangan VIP, prosesi Mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat berupa minuman dan makanan tradisional.

Prosesi berlanjut dengan pengucapan petuah adat yang mengandung nilai-nilai kearifan lokal, serta diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan bagi Menag beserta rombongan selama berada di Gorontalo.

Kunjungan Menag ke Gorontalo ini bertujuan untuk membuka kegiatan penguatan moderasi beragama bagi ASN dan tokoh lintas agama di Provinsi Gorontalo.

Selain itu, Menag juga meresmikan asrama Jabal Uhud dan menghadiri serta membuka perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan XVI 2023 yang diselenggarakan di Kampus IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Kedatangan Menag dalam upacara adat Mopotilolo dan kegiatan lainnya di Gorontalo diharapkan dapat mempererat kerjasama dan memajukan pembangunan sektor keagamaan di provinsi ini. (Ane)

Baca Juga  Pemkab Pohuwato Prioritaskan Monev Keterbukaan Informasi Publik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *