Scroll Untuk Tutup Iklan
Nasional

Kemenkumham Buka Pendaftaran Calon Taruna 2024, Ini Syarat dan Tahapan Seleksi

283
×

Kemenkumham Buka Pendaftaran Calon Taruna 2024, Ini Syarat dan Tahapan Seleksi

Sebarkan artikel ini
Illustrasi, Kemenkumham Buka Pendaftaran Calon Taruna tahun 2024

DIGIMEDIA.ID – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memberikan peluang emas bagi generasi muda Indonesia dengan membuka pendaftaran calon taruna (catar) sekolah kedinasan untuk tahun anggaran 2024.

Proses pendaftaran telah dimulai secara online sejak tanggal 15 Mei dan akan berakhir pada tanggal 13 Juni 2024.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
ADV
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Pembukaan seleksi catar ini diresmikan melalui surat Pengumuman No. SEK-KP.02.04-167 yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto.

Pengumuman lengkap terkait pendaftaran dapat diakses melalui laman resmi Kemenkumham, yakni https://catar.kemenkumham.go.id/.

Andap Budhi Revianto, dalam pernyataannya pada Rabu (15/05/2024), mengungkapkan bahwa pendaftaran terbuka untuk dua formasi, yaitu formasi umum yang membutuhkan pendidikan minimal SLTA/sederajat dan formasi pegawai bagi mereka yang telah menjadi pegawai Kemenkumham sebelumnya.

Calon taruna dapat memilih untuk mengikuti pendidikan di Politeknik Imigrasi (Poltekim) atau Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip).

“Dengan tulus, kami mengajak anak-anak yang ingin belajar dan mengabdi bagi bangsa untuk memanfaatkan kesempatan baik ini dan menjadi bagian dari keluarga Kemenkumham,” kata Andap.

Syarat pendaftaran mencakup persyaratan umum seperti pendidikan minimal SLTA/sederajat, usia calon taruna antara 17-23 tahun untuk formasi umum, serta tinggi badan minimal 170 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita.”

“Persyaratan khusus juga berlaku untuk formasi pegawai, termasuk surat pengantar dari Pejabat Pimpinan Tinggi, penilaian kinerja baik, dan ketentuan fisik dan kesehatan.

Andap menekankan pentingnya persiapan dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran, agar tidak ada kesalahan administrasi yang menghambat kelulusan peserta.

Proses seleksi calon taruna akan melalui beberapa tahapan, mulai dari seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), hingga seleksi lanjutan yang mencakup tes kesehatan, kesamaptaan, psikologi, serta wawancara dan keterampilan.

“Peserta dihimbau untuk terus memantau informasi terkini terkait seleksi catar melalui kanal-kanal resmi Kemenkumham, agar tidak ketinggalan tahapan-tahapan penting dalam proses ini,” tambah Andap.

Bagi para calon taruna yang berminat, informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui laman resmi https://catar.kemenkumham.go.id atau https://kemenkumham.go.id.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO