Scroll Untuk Tutup Iklan
Kab Bone Bolango

Bupati Hamim Serahkan Bantuan Alsintan Untuk Kelompok Tani Wanita

129
×

Bupati Hamim Serahkan Bantuan Alsintan Untuk Kelompok Tani Wanita

Sebarkan artikel ini
Bupati Hamim Pou didampingi Ketua TP. PKK Lolly Pou Junus menyerahkan bantuan Alsintan dari TP PKK Provinsi Gorontalo untuk tiga Kelompok Wanita Tani di Bone Bolango, di Lapangan Ippot Tapa, Kecamatan Tapa, Senin (26/6/2023). (F.AKP/Diskominfo)

DIGIMEDIA.ID – Tiga Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, menerima bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) dari Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo.

Bantuan ini menjadi kenyataan berkat upaya lobi Ketua TP. PKK Bone Bolango, Lolly Pou Junus, yang juga merupakan anggota DPRD Provinsi Gorontalo.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, secara resmi menyerahkan bantuan Alsintan ini kepada KWT Desa Popodu, KWT Desa Bulotalangi Timur di Kecamatan Bulango Timur, dan KWT Desa Tunas Jaya di Kecamatan Bonepantai. Penyerahan dilakukan di Lapangan Ippot Tapa pada hari Senin, (26/06/2023).

Bantuan Alsintan ini terdiri dari cultivator, alat pengolah lahan di pekarangan yang cocok untuk petani yang membudidayakan berbagai jenis sayuran. Setiap KWT menerima satu unit cultivator yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan hasil kebun mereka.

Dalam sambutannya, Bupati Hamim Pou mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas bantuan Alsintan yang disumbangkan oleh PKK Provinsi Gorontalo.

Ia berharap bahwa dengan adanya Alsintan ini, produksi dan hasil kebun di Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat, terutama dalam budidaya tanaman seperti rica, tomat, dan kangkung.

Bupati Hamim Pou juga memberikan pesan kepada KWT penerima bantuan agar memanfaatkan Alsintan tersebut sebaik-baiknya.

Ia menekankan bahwa Alsintan tidak boleh hanya disimpan, melainkan harus digunakan secara aktif. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan meringankan beban kerja para petani.

Bupati yang telah menjabat dua periode ini menjelaskan bahwa sebelumnya, proses kerja pertanian dilakukan secara manual dan memakan waktu 5-10 jam. Namun, dengan kehadiran Alsintan, waktu yang dibutuhkan dapat dikurangi menjadi 2-3 jam.

Dengan kata lain, Alsintan ini akan membantu menghemat waktu kerja petani. Bupati Hamim Pou berharap bahwa dengan adanya bantuan Alsintan ini, para wanita petani tangguh di Bone Bolango dapat meningkatkan pendapatan mereka.

Dengan adanya bantuan Alsintan ini, diharapkan sektor pertanian di Kabupaten Bone Bolango dapat berkembang lebih baik.

Selain itu, penggunaan teknologi pertanian ini juga menjadi langkah maju dalam meningkatkan kesejahteraan petani khususnya para wanita tani yang berperan penting dalam kegiatan pertanian. (Ane)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO