Scroll Untuk Tutup Iklan
Kab Bone Bolango

Jumlah Hewan Kurban di Bone Bolango Capai 1.245 Ekor

348
×

Jumlah Hewan Kurban di Bone Bolango Capai 1.245 Ekor

Sebarkan artikel ini
Bupati Hamim Pou menyerahkan secara simbolis hewan kurban kepada Sekretaris Badan Takmirul Masjid Agung Baitul Haq Islamic Center Bone Bolango, Ismail Huntua, untuk disembelih di masjid tersebut, Kamis (29/6/2023). (F.AKP/Diskominfo)

DIGIMEDIA.ID – Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, mengumumkan bahwa jumlah hewan kurban yang akan disembelih pada perayaan Idul Adha 1444 Hijriyah tahun 2023 mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Sebanyak 1.245 ekor hewan kurban berupa sapi dan kambing akan disalurkan kepada masyarakat pada tahun ini.

Bupati Hamim Pou menyatakan, “Data hewan kurban tahun 2022 berjumlah 1.271 ekor, terdiri dari 1.226 ekor sapi dan 45 ekor kambing. Sedangkan data untuk tahun 2023 ini, jumlah hewan kurban berjumlah 1.245 ekor, terdiri dari 1.231 ekor sapi dan 14 ekor kambing.”

Dalam wawancara di Rudis Bandayo Bupati Bone Bolango, Bupati Hamim Pou menjelaskan bahwa momentum Idul Adha dan Idul Qurban tahun ini menjadi kesempatan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai dari kurban itu sendiri, yaitu pengorbanan. Ia mengajak masyarakat untuk berkurban demi hal-hal yang mereka cintai, kasihi, dan banggakan sebagai wujud ketakwaan kepada Allah SWT.

Lebih lanjut, Bupati Hamim menyampaikan, “Lewat Idul Qurban ini, mari kita mengobarkan cinta kepada sesama. Kesediaan bergotong royong, bekerja sama, berkurban untuk kepentingan agama, kepentingan bangsa, dan kepentingan rakyat adalah yang terpenting. Bukan daging kurbannya yang sampai, bukan darahnya yang sampai, tapi ketakwaan kita.”

Bupati Bone Bolango yang telah menjabat dua periode juga menyampaikan rasa syukurnya atas kemajuan pembangunan yang signifikan di daerah tersebut. Ia mengakui bahwa progres pembangunan yang sangat baik ini merupakan hasil dari dukungan masyarakat, kekompakkan ASN (Aparatur Sipil Negara), serta kepemimpinan yang terbuka terhadap seluruh pihak. Bupati berharap pembangunan di Bone Bolango terus meningkat dan semakin baik di masa yang akan datang.

Dalam hal pengawasan hewan kurban, Kepala Bagian Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Bone Bolango, Mesalina Vivi Saputra, menyebut bahwa terdapat 1.245 ekor hewan kurban yang akan disembelih di 18 kecamatan di wilayah Kabupaten Bone Bolango. Rinciannya adalah 1.231 ekor sapi dan 14 ekor kambing.

Dari kelima kecamatan dengan jumlah hewan kurban terbanyak, Kecamatan Kabila menempati peringkat pertama dengan 265 ekor hewan kurban, terdiri dari 264 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Diikuti oleh Kecamatan Tilongkabila dengan 175 ekor sapi dan 1 ekor kambing, Kecamatan Suwawa dengan 108 ekor sapi, Bulango Selatan dengan 95 ekor sapi, dan Bulango Utara dengan 63 ekor sapi dan 1 ekor kambing.

Semoga perayaan Idul Adha tahun ini dapat berjalan dengan khidmat dan mewujudkan semangat pengorbanan serta kebersamaan dalam masyarakat Kabupaten Bone Bolango. (Ane)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO