Scroll Untuk Tutup Iklan
Pendidikan

Jajaki Kerja Sama, Himpaudi Gorontalo dan FAI UMGO Tandatangani MoA

270
×

Jajaki Kerja Sama, Himpaudi Gorontalo dan FAI UMGO Tandatangani MoA

Sebarkan artikel ini
Penandatanganan MoA Pengembangan Organisasi dengan beberapa kampus di Gorontalo diantaranya FIP UNG, FTIK IAIN Sultan Amai Gorontalo dan FAI UMGO dengan HIMPAUDI Gorontalo.

DIGIMEDIA.ID – Penguatan profil pelajar pancasila bagi anak usia dini yang terselip pada kurikulum merdeka harus mampu diimplementasikan dan dikenalkan oleh guru atau tenaga pendidik agar peserta didik benar-benar memahami diri sebagai anak yang terlahir di bumi pertiwi Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

Pengurus Wilayah Provinsi Gorontalo Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) mengkreasikan upaya tersebut melalui Workshop dengan tema “Pembuatan Modul Ajar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi Pendidik PAUD”, di TC Damhil Universitas Negeri Gorontalo pada Sabtu, 19 Agustus 2023.

Workshop ini dilakukan sebagai upaya mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan memberikan pembinaan kepada Himpaudi di Gorontalo.

Bunda Paud Provinsi Gorontalo, Fina Agustina SH., MKn., menuturkan bahwa workshop ini dapat menjadi bagian dari pembinaan kepada semua Himpaudi di Provinsi Gorontalo.

“Tujuannya agar bisa di implementasikan, agar anak-anak bisa merasakan kebebasan dalam pembelajaran dan bisa belajar dengan hati dan pikiran yang senang, tidak ada tekanan.

Semuanya harus di mulai dari diri kiti sendiri dan dijalani dengan ikhlas karena Allah SWT, dengan bapak-ibu merumuskan modul ajar maka mencermikan kepribadian bapak-ibu, ketika kita memulai dari diri sendiri, memperbaiki diri sendiri, menanamkan nilai-nilai agama sebagai rujukan dari nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila maka ini dapat mewarnai sikap kita, perilaku kita secara otomatis memberikan pengaruh dikehidupan dan orang sekitar kita”jelasnya.

“Apabila kita menjalankan tugas kita karena Allah dan menjalankan tugas kita dengan nuansa beribadah maka bapak-ibu tidak bicara lagi soal teori, bapak-ibu dalam mendekati dan menghadapi anak-anak di sekolah dengan sepenuh hati, kasih sayang dan penuh kelembutan,” tambahnya.

Lanjutnya, Kurikulum Merdeka PAUD adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Dalam kurikulum ini, konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

“Kurikulum ini untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila yang dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah.

Maka dari itu saya mendukung kurikulum merdeka dikota Banjar dijalankan, harapan saya dengan adanya Kurikulum Merdeka bisa menyiapkan generasi muda dengan pemikiran yang merdeka cerdas dan bisa berbakti pada bangsa dan negara,” tandasnya.

Kegiatan juga dirangkaikan dengan penandatanganan MoA Pengembangan Organisasi dengan beberapa kampus di Gorontalo diantaranya FIP UNG, FTIK IAIN Sultan Amai Gorontalo dan FAI UMGO dengan HIMPAUDI Gorontalo.

Dekan Fakultas Agama Islam UMGO, Dr. Irmawati Ishak Duko mengaku bersyukur
FAI penandatanganan MOA dengan HIMPAUDI Gorontalo yang merupakan awal yang baik untuk FAI.

“Semoga Kerjasama ini dapat menguntungkan semua pihak khususnya UMGO dan HIMPAUDI Gorontalo. Intinya dari kerjasama ini ada simbiosi mutualisme, dimana dapat sama-sama bermanfaat baik untuk organisasi Himpaudi maupun untuk universitas.

Jadi bisa saja nanti ada penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkaitan juga dengan guru-guru Paud di Gorontalo,” tutupnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO