Scroll Untuk Tutup Iklan
Ekonomi

Inflasi Gorontalo Capai 1,32% di Desember 2023, Kepala BPS: Masih Terkendali

517
×

Inflasi Gorontalo Capai 1,32% di Desember 2023, Kepala BPS: Masih Terkendali

Sebarkan artikel ini
Kepala BPS Provinsi Gorontalo Mukhamad Mukhanif

DIGIMEDIA.ID – Tingginya harga cabai rawit menjadi salah satu penyebab inflasi di Provinsi Gorontalo mencapai 1,32% pada Desember 2023.

Namun, Kepala BPS Provinsi Gorontalo, Mukhamad Mukhanif, menilai inflasi tersebut masih dalam batas wajar dan tidak mengganggu stabilitas ekonomi.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
PPP
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

“Boleh dikatakan inflasi (Gorontalo) sangat tinggi,” kata Mukhanif dalam konferensi pers di kantornya, Selasa (2/1/2024).

“Masih terkendali lah, masih sangat bagus. Karena targetnya masih sangat bagus dengan 3 plus minus 1 target pemerintah Provinsi Gorontalo,” Lanjutnya.

Menurut Mukhanif, inflasi di Gorontalo pada Desember 2023 merupakan yang tertinggi sepanjang tahun tersebut.

Hal ini dipengaruhi oleh kenaikan harga beberapa komoditas, terutama cabai rawit yang menyumbang 0,74% terhadap inflasi.

“Inflasi yang sangat tinggi di bulan Desember saja 1,32 persen, karena kita (Gorontalo) menempati posisi paling tinggi di antara kota-kota di Sulawesi,” ujarnya.

“Sumbangan utamanya cabai rawit. Sebenarnya pola ini umum jadi bukan hanya Gorontalo. Di Provinsi lain juga dan secara nasional cabai rawit, bukan masalah Gorontalo saja,”tutupnya.

Mukhanif mengatakan, BPS terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengendalikan inflasi di Gorontalo.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO