Scroll Untuk Tutup Iklan
Pendidikan

HMPS Geografi Bersama Mapala Mohuyula UMGO Gelar Workshop Pengenalan QGIS

890
×

HMPS Geografi Bersama Mapala Mohuyula UMGO Gelar Workshop Pengenalan QGIS

Sebarkan artikel ini
HMPS Geografi Bersama Mapala Mohuyula UMGO Gelar Workshop Pengenalan QGIS

DIGIMEDIA.ID – “Workshop ini tentunya sangat penting tidak hanya bagi mahasiswa Geografi atau Mapala yang berkaitan dengan pemetaan tetapi juga kepada mahasiswa lainnya,..”

“Tentunya saya sangat mengapresiasi karena selain kegiatan ekstrakurikuler kegiatan yang berbasis keilmuan juga penting diselenggarakan…” Demikian kata Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Apris Ara Tilome,-

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
PPP
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Saat kegiatan Quantum Basic Geographic Information System Training, pada Ahad 21 Januari 2024, di Gedung LPPM Universitas Muhammadiyah Gorontalo.

Workshop ini merupakan kerjasama antara Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Geografi dan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Mohuyula yang bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih penggunaan Quantum GIS (QGIS),-

QGIS sendiri merupakan proyek dari Open Source Geospatial Foundation (OSGeo) yang memiliki fungsi dan fitur umum untuk menampilkan dan mengolah data GIS.

QGIS mendukung banyak format dan fungsionalitas pengolahan data vektor, raster, dan database.

Workshop yang diisi oleh pemateri Arthur Gani Koto ini tidak hanya mendapatkan materi pengenalan aplikasi QGIS tetapi juga praktek langsung menggunakan data GIS yang disediakan oleh panitia. Selain itu, peserta juga mendapatkan e-certificate dan modul digital QGIS.

Ketua Umum HMPS Geografi, Dinda Amelia Koni mengatakan bahwa workshop ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa geografi, teman-teman pecinta alam, serta instansi terkait yang membutuhkan pemetaan.

“Adapun tujuan dari workshop ini tidak lain dan tidak bukan bertujuan melatih kita dalam pengenal pembuatan peta yang nantinya akan berguna untuk kita semua khususnya mahasiswa geografi, teman-teman Pecinta Alam serta Instansi terkait di kemudian hari,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Mapala Mohuyula, Sigit Harianto menambahkan bahwa kerjasama dengan mahasiswa Geografi ini untuk mengembangkan pengetahuan tentang QGIS.

“Karena ini berkaiatan dengan divisi yang ada di Mapala. Ada banyak manfaat yang kami peroleh dari segi ilmu pengetahuan, dimana kita belajar cara pmbuatan peta walaupun hanya dasar-dasar, kita juga memperoleh E-Certificate dan Modul Digital QGis,” ujarnya.****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO