Scroll Untuk Tutup Iklan
Nasional

Gempa Bumi Mengguncang Mentawai, Sumbar pada Tanggal 25 April 2023

244
×

Gempa Bumi Mengguncang Mentawai, Sumbar pada Tanggal 25 April 2023

Sebarkan artikel ini
Peta Mentawai Sumatera Barat

DIGIMEDIA.ID – Mentawai, sebuah kepulauan yang terletak di provinsi Sumatera Barat (Sumbar), diguncang oleh gempa bumi dengan kekuatan yang cukup kuat.

Gempa tersebut terjadi pada pukul 09.15 WIB dan mengguncang beberapa pulau di wilayah Mentawai, termasuk Pulau Siberut, Pulau Sipora, dan Pulau Pagai.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Getaran gempa terasa kuat dan berlangsung cukup lama, membuat warga setempat panik dan mengungsi ke daerah yang lebih aman.

Hingga saat ini, data awal menyebutkan bahwa gempa tersebut memiliki kekuatan magnitudo 6,8 skala Richter (SR) dan kedalaman 10 kilometer.

Namun, belum ada laporan resmi mengenai kerusakan yang diakibatkan oleh gempa ini. Pihak berwenang dan tim pemantau gempa masih terus melakukan evaluasi dan investigasi untuk mengetahui dampak serta kerugian yang ditimbulkan.

Gempa di Mentawai pada tanggal 25 April 2023 menjadi pengingat bagi masyarakat akan sejarah gempa yang pernah melanda wilayah ini.

Mentawai merupakan daerah yang sering kali diguncang oleh gempa bumi, baik yang terjadi di darat maupun di laut.

Salah satu gempa terparah yang pernah terjadi di Mentawai adalah gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,7 SR pada tahun 2010 yang mengakibatkan tsunami besar. Tsunami tersebut menghancurkan beberapa desa di Mentawai dan menewaskan ribuan orang.

Sebagai daerah yang rawan gempa, pemerintah dan instansi terkait terus meningkatkan upaya mitigasi dan pengurangan risiko bencana di Mentawai, termasuk peningkatan sistem peringatan dini tsunami serta edukasi kepada masyarakat mengenai langkah-langkah evakuasi saat terjadi gempa dan tsunami.

Diharapkan, gempa yang terjadi pada tanggal 25 April 2023 ini tidak menimbulkan kerusakan yang serius dan masyarakat tetap waspada terhadap potensi ancaman gempa bumi di daerah tersebut.(Lita)

Baca Juga  Komisi II DPR Tanggapi Positif Usulan Kenaikan Gaji PNS, Fokus pada Kesejahteraan dan Kinerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *