Scroll Untuk Tutup Iklan
Pendidikan

Forum DAS Gorontalo Prioritaskan Pendidikan Muatan Lokal Daerah untuk Generasi Muda

333
×

Forum DAS Gorontalo Prioritaskan Pendidikan Muatan Lokal Daerah untuk Generasi Muda

Sebarkan artikel ini
Suasana Rapat koordinasi dan konsultasi terkait program pengelolaan DAS, di Ruang Rapat Kantor BPDAS, Selasa (8/8/2023).

DIGIMEDIA.ID – Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Provinsi Gorontalo telah mengambil langkah dalam melaksanakan rencana aksi yang bertujuan untuk mendukung pemahaman tentang muatan lokal di tingkat sekolah.

Langkah ini diambil dalam upaya penyelamatan Danau Limboto serta menjaga keberlanjutan lingkungan di sekitar DAS.

Dalam wawancara setelah Rapat Koordinasi dan Konsultasi terkait program pengelolaan DAS yang diadakan pada Selasa (8/8/2023), Heru, Kepala BPDAS Bone Bolango, menyampaikan bahwa fokus mereka adalah generasi muda, Dilansir dari situs Pemprov.

Meskipun siswa-siswa ini telah belajar tentang muatan lokal dalam konteks nasional, namun pemahaman tentang hal ini dalam konteks lokal yang lebih dekat dengan lingkungan sekitar masih perlu ditingkatkan.

Menanggapi hal ini, Forum DAS memiliki rencana untuk mengoptimalkan sosialisasi terkait muatan lokal.

Mereka akan memulai dari tingkat Sekolah Dasar, dengan harapan bahwa generasi muda ini akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya menjaga Danau Limboto di masa depan.

Ketua BPDAS Provinsi Gorontalo, Wawan Tolinggi, juga memberikan pandangannya terkait implementasi muatan lokal.

Ia mengungkapkan bahwa rencana ini akan melibatkan aspek konservasi, termasuk dalam pengenalan tanaman adat.

Salah satu langkah awal adalah menjajaki kerjasama dengan SDN 1 Kayu Bulan, sebuah sekolah yang berada dalam kawasan sub DAS Bionga dan DAS Limboto.

Wawan mengungkapkan rencana jangka panjang yang melibatkan seluruh kawasan sub DAS Bionga dalam proses pendidikan muatan lokal.

Dalam upaya ini, Forum DAS juga akan mengadakan musyawarah pada bulan September atau Oktober mendatang yang akan melibatkan aparat desa sebagai komponen penting dalam pengelolaan DAS.

Sebagai langkah lebih lanjut, rencananya akan dibentuk Forum DAS di setiap kabupaten, yang bertujuan untuk mengakselerasi proses sosialisasi dan pemahaman tentang muatan lokal di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo.

Dengan adanya langkah-langkah ini, diharapkan generasi muda akan memiliki peran yang lebih aktif dalam menjaga kelestarian Danau Limboto serta lingkungan di sekitarnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO