Scroll Untuk Tutup Iklan
Ekonomi

Fima Agustina Ajak Perajin Karawo Manfaatkan Koperasi Dekranasda

126
×

Fima Agustina Ajak Perajin Karawo Manfaatkan Koperasi Dekranasda

Sebarkan artikel ini
Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo Fima Agustina saat mihat langsung hasil karya para perajin karawo yang ada di rumah produksi kain karawo UKM Sumber Usaha Karawo di Desa Mongolato, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, Rabu, (6/9/2023). (Foto – Nova)

DIGIMEDIA.ID – Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo, Fima Agustina mengajak semua perajin karawo untuk memanfaatkan koperasi yang dikelola oleh Dekranasda.

Koperasi ini menyediakan akses bagi para perajin untuk meminjam dana dan mendapatkan bahan yang diperlukan dalam proses produksi karawo.

Pernyataan ini disampaikan oleh Fima saat ia melakukan kunjungan kerja ke UKM Sumber Usaha Karawo di Desa Mongolato, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo pada Rabu (6/9/2023).

Fima menjelaskan, Dekranasda ini memiliki koperasi. Koperasi ini tidak hanya memberikan pinjaman dana, tetapi juga berpartisipasi dalam pembelian hasil produksi dari perajin karawo.

Oleh karena itu, para perajin tidak perlu lagi mencari pembeli untuk karya mereka, karena produk karawo akan dijual melalui galeri Dekranasda.”

Dikatakannya juga bahwa koperasi Dekranasda ini akan hadir di seluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Gorontalo untuk memudahkan pelayanan kepada perajin.

Mereka juga dapat melaporkan segala aktivitas melalui email atau telepon tanpa harus datang ke kantor pusat yang berlokasi di Kota Gorontalo.

Fima menjelaskan bahwa koperasi ini akan mengadopsi sistem koperasi syariah yang berfokus pada Sisa Hasil Usaha (SHU), bukan bunga.

“Sistem kami adalah Sisa Hasil Usaha, dan bagi hasil didasarkan pada laba yang diperoleh oleh koperasi itu sendiri. Semakin besar laba, semakin besar pula bagi hasil yang diberikan kepada anggota. Karena prinsip koperasi adalah menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan bagi anggotanya. Saat ini, fokus kami adalah membenahi kelembagaan koperasi dan mengadakan rapat-rapat internal karena koperasi baru saja dibentuk,” ujar Fima.

Selain kunjungan ke UKM Sumber Usaha Karawo, Fima juga melakukan dialog dengan Ketua Dekranasda Kabupaten Gorontalo, Fory Naway, dan Bupati Kabupaten Gorontalo, Nelson Pomalingo, di Ruang Jabatan Bupati Gorontalo sebagai bagian dari kunjungan kerjanya di Kabupaten Gorontalo.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO