Scroll Untuk Tutup Iklan
Kab Gorontalo

Festival Apangi Siap Dilestarikan sebagai Wisata Religi di Kabupaten Gorontalo

277
×

Festival Apangi Siap Dilestarikan sebagai Wisata Religi di Kabupaten Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Kegiatan Festival Apangi Ke-4 dalam rangka Memperingati 10 Muharram (Doa Asyura) 1445 H/2023 M di Mesjid Al-Bayan Desa Datahu Kecamatan Tibawa. (Arsip Pemkab Gorontalo)

DIGIMEDIA.ID – Festival Apangi yang telah menjadi bagian dari kebudayaan masyarakat Islam di Gorontalo, menjadi sorotan untuk dilestarikan sebagai wisata religi baru di daerah tersebut. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap perayaan 10 Muharram (Doa’ Asyura) dan terbukti mempererat hubungan sosial serta membangkitkan semangat keagamaan di masyarakat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Dr. Roni Sampir, menegaskan pentingnya menjadikan Festival Apangi sebagai agenda wisata daerah. Saat menghadiri Festival Apangi Ke-4 yang digelar di Mesjid Al-Bayan Desa Datahu, Kecamatan Tibawa, Kamis (27/07/23), ia menyatakan rencana untuk membuat kegiatan ini berlangsung serentak di seluruh desa di Kecamatan Tibawa.

“Dengan dijadikannya Festival Apangi sebagai wisata religi baru di Kabupaten Gorontalo, kami berharap partisipasi masyarakat yang berkunjung akan semakin meningkat. Ini juga akan berdampak positif pada peningkatan pendapatan masyarakat pelaku UMKM, sehingga Kecamatan Tibawa dapat menjadi salah satu kawasan ekonomi di wilayah ini,” ungkap Sekda Roni.

Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Gorontalo turut memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi dan keagamaan.

Kehadiran Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Syam T. Ase, Wakil Ketua TP PKK Sitti Fatra Sunge, Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, serta sejumlah tokoh lokal daerah dan undangan lainnya dalam Festival Apangi Ke-4 menjadi bukti dukungan tersebut.

Festival Apangi pada tahun ini menampilkan lebih dari 27 stand yang dipenuhi oleh sajian kue Apangi dan beragam kue khas lainnya. Melalui suasana wisata religi ini, masyarakat Gorontalo dapat menikmati kekayaan budaya kuliner sambil memperkuat ikatan kebersamaan dalam semangat keagamaan.

Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Syam T. Ase, juga menambahkan, “Kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia dan masyarakat atas partisipasi dalam terselenggaranya kegiatan Festival Apangi ini. Keberadaan Festival Apangi sebagai wisata religi di daerah ini akan semakin mengangkat citra dan daya tarik Gorontalo sebagai destinasi pariwisata keagamaan yang unik dan menarik.”

Dengan upaya bersama dari masyarakat dan dukungan penuh pemerintah daerah, Festival Apangi diharapkan akan terus berkembang dan menjadi daya tarik wisata religi yang mendunia, sekaligus memperkuat identitas dan kekayaan budaya Gorontalo. (Cui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO