Scroll Untuk Tutup Iklan
Kab Gorontalo

Bupati Nelson Minta Camat dan Kades Fokus tangani Kemiskinan Ekstrem

232
×

Bupati Nelson Minta Camat dan Kades Fokus tangani Kemiskinan Ekstrem

Sebarkan artikel ini
Foto saat pelaksanaan Evaluasi Kinerja Pemerintah Kecamatan Pulubala. (Foto: Arsip Pemkab Gorontalo)

DIGIMEDIA.ID – Bupati Gorontalo, Prof. Nelson Pomalingo, melakukan evaluasi terhadap kinerja Pemerintah Kecamatan dan desa di wilayah Kecamatan Pulubala, Tibawa, dan Bongomeme, pada hari Senin (10/07/2023).

Evaluasi ini difokuskan pada lima permasalahan strategis, termasuk penurunan kemiskinan, stunting, pendidikan, lingkungan hidup, dan keagamaan.

Bupati Nelson mengatakan, “Selain mengecek dan mengevaluasi, kami juga mendengarkan paparan dari kepala desa mengenai perencanaan berbagai pembangunan yang telah dilakukan, yang sedang berjalan, maupun program ke depan.”

Ia mengakui bahwa Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Gorontalo telah mencapai 74 persen dan hal ini merupakan hasil kerja bersama termasuk kinerja kepala desa dan camat. Namun demikian, masih terdapat beberapa masalah yang perlu diselesaikan, seperti kemiskinan ekstrem.

“Saya ingin kepala desa mengetahui data tentang kemiskinan di desanya. Langkah yang diambil untuk mengatasi masalah tersebut harus memiliki target penurunan yang jelas setiap tahunnya,” pinta Nelson.

Ia menegaskan bahwa kepala desa harus fokus dalam mengatasi kemiskinan ekstrem. Selain masalah kemiskinan, stunting juga menjadi perhatian saat ini.

Meskipun ada desa yang telah berhasil menekan angka stunting bahkan mencapai status bebas stunting, tetap harus waspada terhadap kemungkinan munculnya kasus stunting baru. Oleh karena itu, program inovasi untuk mengatasi stunting terus didorong.

Selanjutnya, peran kepala desa dalam mengetahui data pendidikan, seperti jumlah lulusan SD, SMP, dan SMA, juga menjadi hal penting. Masalah lingkungan hidup juga menjadi fokus Pemerintah Desa, terutama dalam program penanaman pohon.

Terakhir, terkait bidang keagamaan, kepala desa diharapkan memiliki program yang berkaitan dengan keagamaan. Misalnya, memberdayakan majelis taklim dan mengetahui jumlah majelis taklim di wilayah masing-masing. Hal ini juga termasuk lembaga adat dan sejenisnya.

“Kepala desa harus mengetahui berapa banyak agama yang ada di desa mereka dan hal ini harus diperhatikan oleh semua pihak,” tandasnya.

Evaluasi yang dilakukan oleh Bupati Nelson Pomalingo mencerminkan komitmen Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam mengatasi permasalahan strategis seperti kemiskinan, stunting, pendidikan, lingkungan hidup, dan keagamaan.

Dengan mengevaluasi kinerja Pemerintah Kecamatan dan desa, kabupaten ini bertujuan untuk mengembangkan strategi dan program yang efektif dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut. (Cui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO