Scroll Untuk Tutup Iklan
Kab Bone Bolango

Bone Bolango Memikat Semarak Jejaring Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia 2023 dengan Kain Karawo

138
×

Bone Bolango Memikat Semarak Jejaring Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia 2023 dengan Kain Karawo

Sebarkan artikel ini
Bupati Bone Bolango, Hamim Pou saat mengikuti semarak Jejaring Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia 2023 (Semarak JejaKK Kreatif Indonesia 2023) yang digelar di Kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah Jumat (19/5/2023). (Foto_Arsip Bone Bolango)

DIGIMEDIA.ID– Kabupaten Bone Bolango menjadi sorotan dalam Semarak Jejaring Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia 2023 yang diadakan di Kota Lama Semarang, Jawa Tengah pada Jumat (19/5/2023).

Bone Bolango terpilih sebagai Kabupaten/Kota Kreatif kategori Fesyen oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Badan Ekonomi Kreatif, yang membuka kesempatan bagi Bone Bolango untuk berpartisipasi dalam acara prestisius tersebut.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Acara ini merupakan bagian dari Program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bekerja sama dengan Direktorat Infrastruktur Ekonomi Kreatif, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan Pemerintah Kota Semarang.

Semarak JejaKK Kreatif Indonesia 2023 dihadiri oleh 109 kabupaten/kota yang tergabung dalam ekosistem KaTa Kreatif Indonesia.

Acara ini menampilkan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid, menggabungkan antara kehadiran fisik dan teknologi digital.

Dalam konteks ini, Bone Bolango turut berpartisipasi untuk mempromosikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di wilayahnya, terutama produk khas seperti kain Karawo.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, mengungkapkan kebanggaannya atas keikutsertaan dalam acara ini.

Ia melihat kegiatan tersebut sebagai sarana promosi yang baik untuk memperkenalkan UMKM Bone Bolango kepada khalayak yang lebih luas, khususnya melalui produk unggulan seperti kain Karawo.

Hamim sendiri terlihat mengenakan busana yang terbuat dari kain Karawo, yang merupakan hasil karya kreatif dari pengrajin lokal.

“Motif Karawo sangat beragam, namun pengerjaannya membutuhkan waktu. Untuk desain yang besar saja, bisa memakan waktu hingga dua minggu,” jelas Hamim, sambil menjelaskan bahwa kain Karawo memiliki kekhasan dari daerah Gorontalo.

Baca Juga  Rakernis Pengawasan Logistik Pemilu 2024, Yuyun Ingatkan Panwaslu Pahami Regulasi

Keunikan kain Karawo dan partisipasi Bone Bolango dalam Semarak JejaKK Kreatif Indonesia 2023 memberikan peluang besar bagi UMKM setempat untuk mendapatkan pengakuan dan memperluas pasar mereka.

Dengan memanfaatkan platform ini bisa meningkatkan daya tarik dan popularitas kain Karawo serta produk-produk kreatif lainnya yang dihasilkan di wilayah tersebut.

Tentunya dengan semangat kreatifitas yang kaya, Bone Bolango siap untuk mengukir prestasi lebih lanjut dalam dunia ekonomi kreatif dan pariwisata. (Ane)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *