Scroll Untuk Tutup Iklan
Kab Boalemo

Boalemo Berpotensi Menjadi Geopark Gorontalo

152
×

Boalemo Berpotensi Menjadi Geopark Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Jenderal UNESCO Global Geopark Network (GGN) Mr. Guy Martini , saat melihat lokasi batu merah yang ada di Desa Lahumbo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Senin (10/7/2023). (Foto: Nova/Diskominfotik)

DIGIMEDIA.ID – Sekretaris Jenderal UNESCO Global Geopark Network (GGN), Mr. Guy Martini, mengungkapkan bahwa Kabupaten Boalemo memiliki potensi yang besar untuk diangkat menjadi Geopark Gorontalo.

Menurutnya, Boalemo memiliki situs-situs geologi yang menarik dan cerita-cerita yang terkait dengan tradisi leluhur yang dapat menarik minat wisatawan.

Dalam sebuah wawancara saat kunjungannya ke Geosite Kabupaten Boalemo pada hari Senin (10/7/2023), Mr. Guy menyatakan, “Dari yang saya amati, Boalemo punya banyak potensi, banyak cerita sejarah yang menarik yang berasal dari situs-situs di sini, dan penduduknya juga mengesankan buat saya.”

Selama kunjungannya ke beberapa Geosite di Boalemo, Guy Martini menemukan cerita unik dari masyarakat setempat.

Salah satu contohnya adalah kunjungannya ke Geosite granodiorit di Desa Saripi, di mana bebatuan itu dipercaya menjadi tempat penemuan tulang manusia yang digunakan untuk pengobatan penyakit.

Di lokasi batu merah yang terletak di Desa Lahumbo, Kecamatan Tilamuta, tempat ini biasanya digunakan untuk “modayango” atau tarian memanggil arwah pada zaman dahulu. Cerita-cerita magis seperti ini menurutnya pantas untuk diangkat sebagai daya tarik wisatawan.

“Ketika berbicara tentang geopark, kita tidak hanya mengajarkan geologi, tetapi juga menggabungkan seluruh wilayah dan tradisi untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Jadi ini adalah peluang terbaik,” pujinya.

Selain itu, Guy Martini juga tertarik dengan Geosite batu gabro Bolihutuo. Batu ini menarik perhatiannya karena dapat mengubah warnanya saat musim hujan dan dipercaya dapat memberikan pertanda baik atau buruk sesuai dengan warna yang muncul pada batu tersebut.

“Menurut saya, saya harus berdiskusi dengan tim lokal untuk menemukan cara mengimplementasikan usulan untuk menjadikan Boalemo sebagai Geopark,” tandasnya.

Apabila Kabupaten Boalemo berhasil diangkat menjadi Geopark Gorontalo, ini akan menjadi pengakuan internasional atas kekayaan alam dan budaya yang dimiliki daerah ini.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, membawa dampak positif bagi ekonomi lokal, serta melestarikan dan mempromosikan warisan budaya dan alam di Kabupaten Boalemo. (Cui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO