Scroll Untuk Tutup Iklan
Pendidikan

BAK UMGO Gelar BIMTEK Teknis Pelaporan Feeder dan SIA

358
×

BAK UMGO Gelar BIMTEK Teknis Pelaporan Feeder dan SIA

Sebarkan artikel ini
Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pelaporan Feeder dan Sistem Informasi Akademik (SIA) Pada Tahun Ajaran 2023/2024 Ganjil, bertempat di Aula Rektorat Lantai III UMGO, Selasa (10/10/2023)

DIGIMEDIA.ID – Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Pelaporan Feeder dan Sistem Informasi Akademik (SIA) untuk tahun ajaran 2023/2024 semester ganjil. Kegiatan ini diadakan di Aula Rektorat Lantai III UMGO pada Selasa, 10 Oktober 2023.

Menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 61 Tahun 2016 tentang Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), setiap perguruan tinggi wajib melaporkan data penyelenggaraan pendidikan tinggi ke PDDikti secara berkala.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
PPP
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Kegiatan Bimbingan Teknis Pelaporan Feeder dan SIA di UMGO ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mutakhir mengenai cara pelaporan data melalui aplikasi Feeder yang dapat diakses secara daring oleh seluruh perguruan tinggi.

Data yang dimasukkan melalui aplikasi ini kemudian akan disinkronkan ke pusat dan diintegrasikan dengan sistem informasi dari unit utama, kementerian, atau lembaga lainnya.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UMGO, Muslim Panigoro, S.Kom., menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis ini diikuti oleh tim operator feeder UMGO dari tingkat fakultas dan program studi.

Sementara itu, Kepala Biro Umum dan Keuangan UMGO, Ramlah Alkatiri, M.Si., berharap para peserta dapat berdiskusi, berbagi pengalaman, dan mencari solusi terkait kendala teknis dan nonteknis yang mungkin muncul dalam penggunaan Feeder.

Hal ini bertujuan untuk menjaga kelancaran proses akademik pada semester ganjil tahun 2023.

Feeder saat ini menawarkan berbagai kemudahan baru, seperti integrasi dengan Kampus Merdeka, pendataan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), proses prefill yang lebih cepat, teknologi micro services, multi platform operating system, serta kemudahan dalam pembaruan aplikasi.

Inovasi-inovasi teknologi ini diharapkan akan mempermudah pengelolaan data di perguruan tinggi dan pelaporan yang lebih efisien.

Hal inipun diapresiasi Wakil Rektor II, Dr. Salahudin Pakaya atas inisiatif Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) UMGO dalam menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pelaporan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti).

Salahudin menekankan pentingnya pengelolaan PDDikti yang merupakan tugas berat karena melibatkan sejumlah aspek, termasuk sertifikasi dosen, pembukaan program studi baru, dan pemantauan mahasiswa dan alumni.

Dalam sambutannya, Salahudin menerangkan bahwa PDDikti adalah “single source of truth,” yang memiliki peran sentral dalam pengelolaan data pendidikan tinggi. Penggunaan instrumen yang sama oleh semua perguruan tinggi memperkuat urgensi pengelolaan yang cermat dan akurat.

Lebih lanjut, Ia menggarisbawahi pentingnya meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan akademik, serta pentingnya sinkronisasi data ke PDDikti. Hal ini menjadi kunci untuk memastikan integritas dan keandalan data pendidikan tinggi.

Kegiatan bimbingan teknis ini akan menjadi sumber motivasi bagi semua fakultas dan program studi di UMGO.

Mendorong semua peserta untuk melihat pekerjaan mereka sebagai ibadah yang bertujuan memberikan manfaat dan berkah bagi pengelolaan pendidikan tinggi yang lebih efisien dan berkualitas.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO