Scroll Untuk Tutup Iklan
Polda Gorontalo

Adat Mopotilolo Iringi Kedatangan Kapolda Gorontalo yang Baru

504
×

Adat Mopotilolo Iringi Kedatangan Kapolda Gorontalo yang Baru

Sebarkan artikel ini
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Provinsi Gorontalo yang baru, Brigjen Pol Pudji Prasetijanto Hadi, beserta istri, Ny. Dedeh Farida Pudji Prasetijanto.

DIGIMEDIA.ID – Pemerintah Provinsi Gorontalo menyelenggarakan upacara Mopotilolo untuk menyambut Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Provinsi Gorontalo yang baru, Brigjen Pol Pudji Prasetijanto Hadi.

Upacara yang berlangsung di VIP Bandara Jalaludin Gorontalo ini merupakan simbol penerimaan dan restu masyarakat kepada pejabat tinggi negara yang baru tiba di Gorontalo.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
PPP
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Kabid Humas Polda Gorontalo, Kombes Pol Desmont Harjendro menjelaskan bahwa Mopotilolo adalah adat yang dijalankan untuk memberikan restu kepada pejabat tinggi negara yang pertama kali menginjakkan kaki di Gorontalo.

Brigjen Pol Pudji Prasetijanto Hadi sendiri sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Gorontalo sejak 16 November 2020 hingga 28 Februari 2024.

Meski telah lama berkedudukan di Provinsi Gorontalo, Jenderal bintang satu ini, pertama kalinya datang sebagai pejabat negara yang artinya harus disambut dengan adat sesuai dengan falsafah di negeri Serambi Madinah ini.

Prosesi Mopotilolo diiringi dengan tabuhan genderang dan tarian Longgo, tarian perang khas Gorontalo, serta penyerahan persembahan adat yang meliputi minuman dan makanan tradisional.

Acara berakhir dengan pembacaan doa, memohon keselamatan dan kesehatan bagi Kapolda yang baru dan rombongannya selama bertugas di Gorontalo.

Brigjen Pol Pudji Prasetijanto Hadi, lulusan Akademi Kepolisian tahun 1989, menggantikan Irjen Pol Angesta Romano Yoyol yang telah memasuki masa pensiun.

Mutasi ini telah diresmikan melalui surat telegram Kapolri bernomor ST/429/II/KEP./2024 tanggal 28 Februari 2024.

Kedatangan Pudji disambut oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya didampingi Sekdaprov Sofian Ibrahim, serta jajaran Forkopimda Gorontalo dan perwakilan pimpinan OPD.****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO