Scroll Untuk Tutup Iklan
Kab Pohuwato

2.554 Proposal Tali Asih Penambang Pohuwato akan Diverifikasi ulang

607
×

2.554 Proposal Tali Asih Penambang Pohuwato akan Diverifikasi ulang

Sebarkan artikel ini
Tambang emas rakyat di Desa Karya Baru, Kecamatan Dengilo, Kabupaten Pohuwato, (Sarjan Lahay/Mongabay Indonesia)

DIGIMEDIA.ID – Sebanyak 2.554 proposal tali asih yang diajukan oleh penambang di area konsesi PT. Gorontalo Sejahtera Mining (GSM) dan PT. Puncak Emas Tani Sejahtera (PETS) di Kabupaten Pohuwato akan melakukan proses verifikasi ulang.

Hal ini diungkapkan oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, saat memimpin sosialisasi tahapan tali asih, di Hotel Sunrise Marisa, Rabu (18/10/2023).

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
ADV
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Pemerintah merespon aspirasi dan tuntutan jangka pendek yang disuarakan oleh aksi massa pada 21 September 2023, dan telah mengadakan pertemuan dengan penambang bersama manajemen perusahaan terkait.

Hasil pertemuan tersebut mencatat adanya 2.135 proposal tali asih yang telah diajukan ke Pemerintah Kabupaten Pohuwato dan Satgas, Selain itu, terdapat 419 lokasi yang memiliki koordinat, tetapi tidak memiliki proposal.

Penjagub Ismail menenkankan bahwa berdasarkan kesepakatan dengan perusahaan, semua proposal yang ada maupun lokasi yang memiliki koordinat tanpa proposal akan menjalani verifikasi ulang.

Verifikasi ini akan mencakup pengujian lapangan yang melibatkan pihak perusahaan, pemilik lokasi, tokoh masyarakat, anggota satgas, serta unsur TNI dan Polri.

Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa bantuan tali asih diberikan kepada pihak yang tepat dan berhak.

Verifikasi proposal tali asih untuk 2.554 lokasi ini akan dimulai dengan pengujian lapangan, Ini dikarenakan menurutnya ada beberapa kasus di mana pemilik lokasi tidak selalu sama dengan yang mengajukan proposal.

Hingga mengakibatkan ketidakjelasan dalam penyaluran tali asih, karena itu, pengujian lapangan menjadi langkah penting.

Proses pengujian lapangan ini dijadwalkan akan dimulai pada Sabtu, 21 Oktober 2023, dengan target paling lambat akhir tahun ini semua lokasi sudah selesai diverifikasi.

Dari 2.554 lokasi tersebut, akan dibagi dalam 17 blok, dan tahap awal verifikasi akan dimulai dari blok Kolokoa.

Sosialisasi tahapan tali asih ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad, Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Angesta Romano Yoyol, unsur Forkopimda, serta pimpinan perusahaan yang terlibat.

Selain itu, Wakil Bupati dan Ketua DPRD Pohuwato, kepala desa, dan masyarakat penambang juga turut hadir dalam acara tersebut.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO