Scroll Untuk Tutup Iklan
Pendidikan

Unik! Akuakultur UMGO Lakukan Sosialiasi Prodi Melalui Pelatihan Budidaya Ikan Hias dan Akuaskap

610
×

Unik! Akuakultur UMGO Lakukan Sosialiasi Prodi Melalui Pelatihan Budidaya Ikan Hias dan Akuaskap

Sebarkan artikel ini
Tim program studi Akuakultur Fakultas Sains dan Ilmu Komputer (FSIK) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) memprakarsai pelatihan Budidaya Ikan Hias dan Akuaskap kepada Siswa dan Siswi SMA Negeri 1 Kabila.

DIGIMEDIA.ID – Tim program studi Akuakultur Fakultas Sains dan Ilmu Komputer (FSIK) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) memprakarsai pelatihan Budidaya Ikan Hias dan Akuaskap kepada Siswa dan Siswi SMA Negeri 1 Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Kamis 25 Januari 2024. Kegiatan ini sebagai wujud komitmen Prodi Akuakultur UMGO dalam meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam berwirausaha perikanan.

Ketua HMPS Akuakultur, saat diwawancarai via WhatsApp menjelaskan Budidaya ikan hias mampu dikembangkan dengan memanfaatkan lahan terbatas seperti pekarangan rumah atau bahkan dengan memanfaatkan sebagian ruangan di dalam rumah yang ada.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
PPP
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

“Budidaya ikan hias yaitu kegiatan memelihara ikan di lingkungan terkontrol untuk mendapatkan profit. Selain itu dsana kita juga mengajarkan cara pembuatan akuarium dan akuskap. Akuaskap itu adalah seni menata tanaman, batuan, kayu, kerang dan lainnya di wadah akuarium,” Jelasnya.

Laisi juga mengatakan pelatihan Budidaya Ikan Hias dan Akuaskap ini memperoleh respon positif baik dari Siswa dan Siswi SMA 1 Kabila juga Kepsek SMA 1 Kabila, Drs. Yusnan J. Ekie yang mana sebagai Ketua BPH di UMGO.

“Alhamdulillah respon positif dari Kepsek SMA 1 kabila yang juga Ketua BPH UMGO, para siswa dan siswi juga sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena kegiatan ini merupakan pengalaman pertama bagi mereka. Dalam pikiran mereka membuat akuarium itu susah apalagi menggunakan akuaskap, tetapi setelah mengikuti kegiatan ini mereka senang sekali apalagi salah itu dri peserta mampu menata akuaskap dengan baik dan cantik,” Ungkapnya.

Sebagai output pelatihan ini, lanjut Laisi, diharapkan para peserta dapat menjadi pelaku usaha ikan hias, bukan hanya sebagai peminat atau hobi memelihara ikan hias saja.

“Kegiatan ini kami selenggarakan 3 kali dalam setahun, ini yg ke dua Insya Allah akan ada lagi kegiatan pelatihan budidaya ikan hias dan akuaskap. Harapan saya selaku kahim, semoga kegiatannya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan banyak yang tertarik untuk melakukan Budidaya ikan Hias dan membuat Akuaskap.
Selain itu juga harapan saya melalui kegiatan ini anak-anak muda tertarik untuk masuk di prodi Akuakultur karena saat ini peminatnya kurang padahal peluang bisnis banyak skali di Prodi Akuakultur,” Harapnya.

Sementara itu, Kepsek SMA 1 Kabila, Drs. Yusnan J. Ekie dalam sambutannya nenilai
kegiatan yang dilakukan Tim Prodi Akuakultur UMGO sangat baik dan patut diapresiasi, menurutnya kegiatan ini bertujuan Melatih kreatifitas dan daya imajinasi siswa dalam merangkai Aquascape, Melatih ketelatenan, kesabaran, komitmen, kebersihan dan tanggung jawab agar ekosistem aquascape tetap hidup dan terjaga keindahannya.

“Kemudian, melatih siswa mengendalikan pertumbuhan mikroalga, Melatih siswa melakukan pemupukan susulan untuk menutupi tanaman. Saya harap pelatihan ini dapat menambah wawasan serta meningkatkan motivasi dan keterampilan teknis para peserta dalam mengelola ikan hias atau aquascape di Gorontalo,” Tutupnya.****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO