Scroll Untuk Tutup Iklan
Ekonomi

Promosi IKM Kelapa, Bupati Gorontalo ajak ICC Kunjungi Produsen Kelapa

338
×

Promosi IKM Kelapa, Bupati Gorontalo ajak ICC Kunjungi Produsen Kelapa

Sebarkan artikel ini
Kunjungan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo bersama rombongan International Coconut Comunity ke UPTD Sentra IKM Pulubala Kelapa Terpadu di Desa Tridarma, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, Minggu (24/9/2023). (Foto : Mila)

DIGIMEDIA.ID – Dalam rangka memperingati World Coconut Day 2023, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dan delegasi dari International Coconut Community melaksanakan kunjungan ke dua Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Gorontalo pada hari Minggu, 24 September 2023.

Tujuan kunjungan ini adalah untuk mempromosikan produk-produk olahan kelapa yang dihasilkan oleh IKM di wilayah tersebut.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Dua IKM yang dikunjungi adalah UPTD Sentra IKM Pulubala Kelapa Terpadu, yang menghasilkan Virgin Coconut Oil (VCO) dan minyak kelapa dari bahan baku kelapa segar, serta PT Ufuk Timur Indonesia (UTI) Gorontalo, produsen arang kelapa. Lokasi kedua IKM ini berada di Desa Tridarma Kecamatan Pulubala dan Desa Bumela Kecamatan Bilato.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gorontalo, Victor Asiku, menjelaskan bahwa pemilihan dua IKM ini didasarkan pada kemudahan akses dan juga karena mereka berada dalam jalur menuju Taman Kelapa Dunia yang baru-baru ini diresmikan.

Selain itu, kunjungan ini memberikan kesempatan kepada sektor swasta seperti PT. UTI untuk mempromosikan produknya, terutama arang kelapa.

Menurut Victor, kunjungan ini telah memicu minat beberapa anggota rombongan ICC terhadap VCO. Hal ini karena VCO adalah minyak yang dihasilkan dari daging buah kelapa tua yang segar, diproses tanpa penambahan air, dan tanpa pemanasan, sehingga dianggap murni dan aman untuk dikonsumsi.

Selain kunjungan tersebut, Bupati Nelson juga meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk mengundang semua IKM briket di daerah tersebut untuk membahas masalah bahan baku. Selain itu, biaya ekspor yang dinilai tinggi dan jalur ekspor yang melalui Surabaya juga menjadi perhatian.

Baca Juga  Cegah Inflasi, Bapanas Adakan Gerakan Pangan Murah

Bupati Nelson juga berencana untuk mengundang Bupati Buol, Bolaang Mongondow Selatan, dan Bolaang Mongondow Utara, daerah-daerah penghasil kelapa, untuk berpartisipasi dalam diskusi ini.

Tujuannya adalah untuk mempertimbangkan opsi yang lebih menguntungkan bagi IKM kecil, dengan harapan dapat meningkatkan pasaran mereka dengan strategi yang lebih efisien.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Honda