Scroll Untuk Tutup Iklan
Ekonomi

PLN Tambah Daya Listrik 36 MVA Gorontalo, Dukung Pertumbuhan Industri

939
×

PLN Tambah Daya Listrik 36 MVA Gorontalo, Dukung Pertumbuhan Industri

Sebarkan artikel ini
PT PLN (Persero) terus memperkuat keandalan pasokan listrik di wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo, sekaligus melepas ketergantungan wilayah terpencil dari PLTD. (Foto: ANTARA FOTO/AMPELSA)

DIGIMEDIA.ID – PT PLN (Persero) telah mengambil langkah konkret untuk memenuhi kebutuhan listrik di sektor industri, terutama dalam industri hilirisasi mineral, dengan tujuan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan nilai tambah.

Dalam upaya merealisasikan komitmen ini, terjadi penandatanganan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL) antara PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo) dan PT Gorontalo Sejahtera Mining.

Dalam perjanjian tersebut, PLN akan menyuplai daya sebesar 36 Mega Volt Ampere (MVA) kepada PT Gorontalo Sejahtera Mining. Penandatanganan ini berlangsung di Jakarta pada hari Kamis, tanggal 24 Agustus 2023.

Momen penandatanganan PJBTL ini menjadi kesaksian bagi H. Saipul A. Mbuinga, Bupati Pohuwato, yang juga ikut hadir. Ia mengungkapkan apresiasi atas kolaborasi antara PLN dan PT Gorontalo Sejahtera Mining. Menurutnya, kerja sama ini memiliki dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat Pohuwato.

Bupati Pohuwato, H. Saipul A. Mbuinga menyatakan, “Ketersediaan listrik yang handal dan hadirnya PT Gorontalo Sejahtera Mining dapat memberikan dampak positif terhadap investasi dan menghidupkan roda ekonomi di daerah.”

Direktur Utama PT Gorontalo Sejahtera Mining, Boyke Poerbaya Abidin, menjelaskan bahwa industri pertambangan yang dikembangkan di Gorontalo memiliki skala besar dan membutuhkan pasokan listrik sebagai elemen pendukung utama.

Dengan dukungan listrik dari PLN, diharapkan operasional perusahaan dapat ditingkatkan.

Boyke mengatakan, bahwa pasokan listrik dari PLN akan mendorong efisiensi operasional perusahaan kami. Kami mengucapkan terima kasih atas sinergi ini dan berharap kerja sama ini akan terus berjalan untuk kebaikan semua pihak.

PT Gorontalo Sejahtera Mining sendiri merupakan pelaku di Proyek Emas Pani di Gorontalo, yang memiliki potensi menghasilkan sekitar 275,8 juta ton mineral dengan kadar emas sebesar 0,75 gram per ton, yang setara dengan 6,63 juta ons emas.

Nayusrizal, Executive Vice President Penjualan dan Pelayanan Pelanggan Enterprise PLN, menjelaskan bahwa kolaborasi ini menunjukkan komitmen PLN dalam memenuhi kebutuhan listrik bagi PT Gorontalo Sejahtera Mining.

PLN bertujuan untuk menjamin pasokan listrik yang andal demi mendukung operasional dan produksi di Proyek Emas Pani.

“PLN berkomitmen untuk memicu pertumbuhan ekonomi, dan penandatanganan PJBTL ini merupakan salah satu langkah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dengan menciptakan efek berlipat melalui penyediaan listrik yang handal bagi industri dan bisnis.” Ungkap Nayusrizal

J.A Ari Dartomo, General Manager PLN Suluttenggo, juga berbicara dalam kesempatan ini. Ia menyatakan kesiapan PLN dalam mendukung proyek nasional, termasuk dalam mengembangkan industri hilirisasi mineral seperti industri pertambangan.

Sebagai bagian dari proyek nasional, hilirisasi mineral melalui industri pertambangan diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi, dan oleh karena itu PLN berkomitmen untuk menyediakan pasokan listrik berkualitas dan kompetitif guna mendukung perkembangan industri dengan lebih baik, Penjelasan Ari Dartomo, Dilansir Dari Tribun Sulut.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO