Scroll Untuk Tutup Iklan
Kab Bone Bolango

Pj Bupati Merlan Launching Program Gerakan Taat Pajak di Kecamatan Suwawa Selatan

568
×

Pj Bupati Merlan Launching Program Gerakan Taat Pajak di Kecamatan Suwawa Selatan

Sebarkan artikel ini
Illustrasi.-

DIGIMEDIA.ID – Sebagai upaya untuk mengoptimalkan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di wilayah Kecamatan Suwawa Selatan, Pemerintah setempat meluncurkan program kegiatan Gerakan Taat Pajak (Gertak).

Program ini merupakan inovasi perubahan yang digagas oleh Camat Suwawa Selatan, Feilmy Cahyani Ismail, yang juga peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) angkatan III BKPSDM Provinsi Gorontalo tahun 2023.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Program Gertak ini dilaunching secara langsung oleh Plt. Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli, di Aula PKBM Desa Libungo, Kecamatan Suwawa Selatan, Rabu (22/11/2023).

Dalam sambutannya, Plt. Bupati mengapresiasi dan mendukung program inovasi ini, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan ketaatan masyarakat dalam membayar pajak tepat waktu.

Plt. Bupati mengungkapkan bahwa ada banyak tunggakan pajak di Kabupaten Bone Bolango yang mencapai miliaran rupiah. Hal ini menjadi masalah yang harus dicarikan solusi bersama.

Oleh karena itu, ia berharap program Gertak ini dapat diadopsi oleh semua kecamatan, jika terbukti berhasil dan efektif.

“Kita berharap mereka masyarakat ini jangan sampai menunda membayar pajaknya. Karena kalau dibayar setiap tahun, pajak itu pasti ringan..”

“Justru ini ada yang menunggak sampai 3 tahun, bahkan ada yang tidak pernah membayar, makanya ini menjadi hutang,” terang Plt. Bupati.

Plt. Bupati juga menekankan bahwa pajak yang dibayarkan oleh masyarakat akan kembali lagi dalam bentuk pembangunan, seperti infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan fasilitas umum lainnya.

“Pajak yang kita bayarkan, itu digunakan lagi untuk membangun negara ini, membangun bangsa ini, dan membangun daerah kita,” ujar Plt. Bupati.

Sementara itu, Camat Suwawa Selatan, Feilmy Cahyani Ismail, mengatakan bahwa program Gertak ini merupakan salah satu aksi perubahan yang dilaksanakan dalam rangka PKA.

Baca Juga  Aksi Unjuk Rasa Masyarakat Penambang Suwawa, Tuntut Penyelesaian Masalah Penyegelan Gudang Batu Hitam

Ia menginginkan agar masyarakat semakin taat akan membayar pajak, sehingga pendapatan asli daerah (PAD) dari Kecamatan Suwawa Selatan akan meningkat.

“Alhamdulillah dengan saya melaksanakan aksi perubahan gerakan taat pajak pada bulan November 2023 ini, sudah ada dua desa di Kecamatan Suwawa Selatan yang sudah 100 persen membayar pajaknya, yaitu Desa Bulontala Timur dan Desa Bone Raya,” ucap Feilmy.

Untuk enam desa lainnya, tambah Feilmy, hingga saat ini sudah hampir 100 persen, yakni sudah berkisar 90% lebih pencapaian pembayaran pajaknya.

“Insya Allah di bulan Desember 2023 nanti, semua desa di Kecamatan Suwawa Selatan, saya targetkan bisa 100 persen,” pungkas Feilmy.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *