Scroll Untuk Tutup Iklan
Gorontalo

Kibarkan Bendera Merah Putih di Dasar Laut, Lanal Gorontalo Bangkitkan Semangat Patriotisme

2102
×

Kibarkan Bendera Merah Putih di Dasar Laut, Lanal Gorontalo Bangkitkan Semangat Patriotisme

Sebarkan artikel ini
Suasana pengibaran bendera di dalam laut digelar di kawasan pantai wisata Hiu Paus Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. Foto: Avid Wahyudi

DIGIMEDIA.ID – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Gorontalo merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia dengan cara yang unik dan berbeda tahun ini.

Dalam rangka memperingati momen penting ini, Lanal Gorontalo menggelar seremoni pengibaran dan pembentangan bendera Merah Putih di dalam laut, tepatnya di kawasan Pantai Wisata Hiu Paus Desa Botu Barani, Kabupaten Gorontalo.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
PPP
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Komandan Lanal Gorontalo, Letkol Laut (P) Indragiri Yani, menjelaskan bahwa kegiatan ini memiliki makna mendalam.

Lebih dari sekadar seremoni, pengibaran dan pembentangan bendera Merah Putih di dalam laut ini bertujuan untuk membangkitkan semangat patriotisme dan nasionalisme di tengah-tengah warga negara Republik Indonesia.

“Dengan kegiatan ini, kami ingin menunjukkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme kami. Ini adalah bentuk penghormatan terhadap perayaan hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan RI,” ujar Letkol Laut (P) Indragiri Yani.

Proses pengibaran bendera Merah Putih di dalam laut dilakukan oleh para penyelam profesional dengan kedalaman sekitar 15 meter.

Setelah pengibaran selesai, upacara dilanjutkan dengan pembentangan bendera berukuran 17×8 meter di permukaan laut.

“Kami membuktikan bahwa semangat pengibaran bendera ini tidak terbatas hanya di daratan, tetapi juga bisa dilakukan di laut. Ini adalah prestasi yang membanggakan,” tambahnya.

Dalam peringatan HUT RI kali ini, Lanal Gorontalo melibatkan sejumlah pihak, termasuk perwakilan personel Polri, Basarnas, komunitas dan aktivis kelautan, serta unsur terkait lainnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari tradisi tahunan Lanal Gorontalo dan tidak hanya melibatkan upacara pengibaran bendera, tetapi juga meliputi bakti sosial berupa pembersihan laut di sekitar lokasi Pantai Wisata Hiu Paus Botu Barani.

Gusnar Lubis Ismail, seorang aktivis kelautan, perikanan, dan pariwisata yang tergabung dalam Wawahea Gorontalo Community, menyambut baik kegiatan ini. Ia berpendapat bahwa seremoni semacam ini sebaiknya diadakan secara berkala dan melibatkan lebih banyak penyelam dan relawan.

“Kegiatan ini sebaiknya tidak hanya menjadi perayaan belaka, tetapi juga menjadi platform untuk kampanye pelestarian lingkungan dan ekosistem laut. Keterlibatan masyarakat dalam menjaga kelestarian biota laut sangat penting,” ujar Gusnar Lubis Ismail.

Ia juga menyuarakan pentingnya pengembangan pariwisata yang berkelanjutan. Dengan mengelola kegiatan seperti ini secara bijak, pariwisata dapat menjadi sumber pendapatan daerah yang signifikan, serta berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat sekitar.

Ke depannya Gorontalo dapat memiliki fasilitas terapi penyelam yang lebih dekat, untuk penanganan cepat jika terjadi dekompresi pada penyelam.

Saat ini, peningkatan jumlah penyelam di Gorontalo menjadi tren positif, dan kami ingin memastikan keselamatan mereka terjamin pungkas Gusnar Lubis Ismail, Disadur Dari Antara.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO