Scroll Untuk Tutup Iklan
Kab Bone Bolango

Dekranasda Gorontalo Akan Beri Pelatihan Tenaga Pengiris Karawo Desa Bendungan

141
×

Dekranasda Gorontalo Akan Beri Pelatihan Tenaga Pengiris Karawo Desa Bendungan

Sebarkan artikel ini
Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo, Fima Agustina (tengah), memberikan arahan pada kunjungan kerja ke Sentra Karawo Desa Bendungan, Kecamatan Bulango Utara, Kabupaten Bone Bolango, Selasa (5/9/2023). (Foto : Haris)

DIGIMEDIA.ID – Kekurangan tenaga pengiris kain sulaman karawo di Desa Bendungan, Kecamatan Bulango Utara, Kabupaten Bone Bolango, menarik perhatian Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Gorontalo, Fima Agustina.

Dalam upayanya untuk mengatasi masalah ini, Dekranasda Provinsi Gorontalo berencana untuk memberikan pelatihan khusus kepada tenaga pengiris.

Dalam pertemuan dengan perajin di Sentra Karawo Desa Bendungan pada Selasa (5/9/2023), Fima menjelaskan bahwa dari 30 perajin yang berada di desa tersebut, hanya ada dua tenaga pengiris yang tersedia.

Oleh karena itu, Dekranasda Provinsi Gorontalo akan menjalin kerja sama dengan Kabupaten Bone Bolango untuk menyelenggarakan pelatihan khusus bagi tenaga pengiris guna meningkatkan produksi perajin karawo di Desa Bendungan.

Mengiris kain merupakan tahap awal dalam proses menyulam karawo. Proses ini melibatkan pembuatan lubang pada kain sesuai dengan motif karawo yang telah ditentukan.

Fima berharap agar rencana pelatihan ini segera mendapatkan dukungan dari Pemerintah dan Dekranasda Kabupaten Bone Bolango.

Langkah pertama adalah mengajukan permohonan ke Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan, serta Dekranasda Provinsi Gorontalo.

Fima menegaskan bahwa komitmen ini bukanlah sekadar janji belaka. Mereka hanya menunggu permintaan resmi.

Jika surat permohonan sudah diterima, mereka berencana untuk segera melaksanakan pelatihan tersebut pada tahun ini.

Selain membahas masalah tenaga pengiris, dalam pertemuan tersebut, Fima juga memaparkan mengenai pembentukan Koperasi Dekranasda yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan anggotanya.

Ia mendorong seluruh perajin karawo di Desa Bendungan untuk mendaftarkan diri menjadi anggota Koperasi Dekranasda.

Dengan dana yang tersedia, koperasi dapat memberikan modal kepada anggotanya. Bagi perajin karawo, modal tersebut dapat berupa kain, benang, atau pelatihan untuk meningkatkan keterampilan mereka.

Demikianlah harapan Fima terkait upaya meningkatkan produksi dan kesejahteraan perajin karawo di Desa Bendungan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO