Scroll Untuk Tutup Iklan
Headline

Budiyanto Sidiki: Visi Misi Harus Jadi Pilar Pembangunan Gorontalo

515
×

Budiyanto Sidiki: Visi Misi Harus Jadi Pilar Pembangunan Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Penjabat Sekdaprov Gorontalo, Budiyanto Sidiki, memberikan sambutan pada Forum Konsultasi Publik RPJPD 2025-2045 di Hotel Aston, Kota Gorontalo, Selasa (10/10/2023). (Foto : Haris)

DIGIMEDIA.ID – Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki, menegaskan bahwa Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) harus mencakup seluruh harapan masyarakat Gorontalo.

Pernyataan ini disampaikannya saat Forum Konsultasi Publik RPJPD 2025-2045 di Hotel Aston, Kota Gorontalo, pada Selasa (10/10/2023).

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Budiyanto menekankan pentingnya visi misi sebagai panduan pembangunan yang memiliki nilai strategis.

Ia berharap agar visi misi tersebut dapat mencakup semua aspirasi masyarakat Gorontalo, menjadi landasan yang kokoh untuk pembangunan daerah.

Penjabat Sekretaris Daerah juga mendorong partisipasi aktif dari semua pemangku kepentingan. Ia berharap agar ide, saran, dan pemikiran konstruktif dari mereka dapat memberikan kontribusi berharga dalam penyusunan dokumen RPJPD Provinsi Gorontalo.

Hal ini diharapkan dapat membuat dokumen tersebut lebih konstruktif, akomodatif, dan tepat dalam mengatasi berbagai isu dan permasalahan yang ada di daerah tersebut. Tutupnya, Budiyanto menegaskan komitmen untuk mewujudkan pembangunan yang berkualitas dan berkelanjutan bagi Provinsi Gorontalo.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pembangunan Daerah (BAPPPEDA) Provinsi Gorontalo, Sofian Ibrahim menyampaikan bahwa Selama 20 tahun ke depan Gorontalo membangun, sasaran yang ingin kita capai adalah pendapatan perkapita naik tiga kali lipat dan industri manufaktur meningkat, kemiskinan menuju satu digit, kesenjangan menurun, serta SDM dan kualitas lingkungan hidup semakin meningkat.

“Kami mendorong perwujudan Gorontalo yang maju dan berkelanjutan pada tahun 2045. Selama 20 tahun ke depan Gorontalo membangun, sasaran yang ingin kita capai adalah pendapatan perkapita naik tiga kali lipat dan industri manufaktur meningkat, kemiskinan menuju satu digit, kesenjangan menurun, serta SDM dan kualitas lingkungan hidup semakin meningkat,” ungkapnya

Baca Juga  Modus Bantuan Prakerja, Dua Orang Tipu Warga Bulango Utara dengan Pinjol

Guna mencapai visi tersebut ditetapkan lima misi yaitu transformasi ekonomi, ketahanan sosial dan budaya, pembangunan wilayah dan pemerataan pembangunan, ketahanan ekologi, kemampuan adaptasi terhadap bencana dan perubahan iklim, serta tata kelola pemerintahan dan keamanan.

Penetapan visi misi Gorontalo Mandani 2045 mengacu pada berbagai permasalahan pembangunan yang meliputi aspek tata kelola pemerintahan, ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Sofian menjelaskan, melalui visi misi tersebut diharapkan pada tahun 2045 pendapatan perkapita akan naik menjadi Rp112 juta dari Rp39,9 juta di tahun 2022. Ditargetkan pula angka kemiskinan akan turun ke satu digit dari 15,51 persen pada tahun 2022, menjadi 9,5 persen di tahun 2045.

Gini rasio atau tingkat kesenjangan turun pada angka 0,350 poin tahun 2045 dari sebelumnya 0,418 tahun 2022. Sedangkan usia harapan hidup akan meningkat menjadi 73,13 tahun, begitu pula Indeks Kualitas Linkungan Hidup naik pada 82 poin dari sebelumnya 79,79 poin di tahun 2022.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Honda