Scroll Untuk Tutup Iklan
Headline

Berhasil Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Nelson Raih Penghargaan Bergengsi Dari Tempo

401
×

Berhasil Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Nelson Raih Penghargaan Bergengsi Dari Tempo

Sebarkan artikel ini

DIGIMEDIA.ID – Bupati Gorontalo, Prof. Nelson Pomalingo, menerima penghargaan bergengsi dari majalah Tempo sebagai “Tokoh Indonesia Kategori Kepala Daerah Pendorong Ekonomi Kerakyatan.”

Penghargaan ini diberikan dalam acara malam puncak di Hotel The Westin Jakarta pada Selasa malam, tanggal 29 Agustus 2023. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Utama PT Info Media Digital, Wahyu Dhyatmika.

Penghargaan ini menjadi bukti nyata pengakuan terhadap dedikasi dan usaha Bupati Nelson dalam memajukan perekonomian Kabupaten Gorontalo.

Pertumbuhan ekonomi yang telah dicapai oleh Kabupaten Gorontalo di bawah kepemimpinan Prof. Nelson Pomalingo telah membuatnya meraih penghargaan bergengsi ini.

Dalam wawancaranya setelah acara penghargaan, Bupati Nelson Pomalingo menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya.

“Alhamdulillah malam ini saya menerima penghargaan atas penilaian majalah Tempo sebagai kepala daerah pendorong ekonomi kerakyatan. Penghargaan ini untuk Pemerintah dan seluruh Masyarakat Kabupaten Gorontalo,” ucap Bupati Nelson.

Salah satu prestasi yang telah diraih oleh Kabupaten Gorontalo adalah pertumbuhan ekonominya yang terus meningkat. Dalam laporannya, Bupati Nelson menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Gorontalo mencapai 2,42 persen dan diharapkan akan terus berlanjut. Selain itu, ia juga menggarisbawahi bahwa ekonomi Kabupaten Gorontalo telah pulih secara signifikan setelah masa pandemi COVID-19.

Bahkan, kontribusi Kabupaten Gorontalo terhadap perekonomian Provinsi Gorontalo telah mencapai 31,20 persen.

Bupati Nelson juga mengungkapkan capaian lainnya, yaitu pendapatan per kapita yang mencapai 34,893 juta rupiah. Ini menunjukkan peningkatan pendapatan rata-rata setiap penduduk Kabupaten Gorontalo menjadi sekitar 2,9 juta rupiah per bulan.

Selain itu, Kabupaten Gorontalo juga telah mencapai peningkatan dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Pada tahun 2021, IPM Kabupaten Gorontalo mencapai 67,34, mengalami peningkatan 0,42 poin atau sekitar 0,63 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Bupati Nelson juga menyoroti upaya dalam mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran.

Dalam kurun waktu 2016 hingga 2021, jumlah penduduk miskin di Kabupaten Gorontalo mengalami tren penurunan. Pada tahun 2022, tingkat kemiskinan turun menjadi 17,71 persen dari sebelumnya 17,89 persen pada tahun 2021.

Selain itu, tingkat pengangguran terbuka (TPT) juga berhasil diturunkan secara signifikan, dari 3,41 persen pada tahun 2020 menjadi 1,83 persen pada tahun 2022.

Bupati Nelson berharap bahwa upaya-upaya ini akan terus berlanjut dan bahwa inovasi dalam pembangunan akan terus menjadi fokus utama. Ia menyatakan, “Mudah-mudahan nilai Indeks Inovasi daerah bisa meningkat lagi di masa-masa yang akan datang.

“Prestasi Bupati Nelson Pomalingo dalam memajukan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Gorontalo telah mendapatkan pengakuan yang layak melalui penghargaan dari majalah Tempo.

Hal ini menjadi inspirasi bagi kepala daerah lainnya untuk terus berkomitmen dalam memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di daerahnya. (Cui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO