Scroll Untuk Tutup Iklan
Ekonomi

56% dari total pendapatan e-commerce dikuasai oleh pedagang asing

1820
×

56% dari total pendapatan e-commerce dikuasai oleh pedagang asing

Sebarkan artikel ini
Menteri Koperasi dan UMKM (MenKopUKM) Teten Masduki bersama Gubernur Jawa Tengah ganjar pranowo Di Acara Flexing Lokal

DIGIMEDIA.ID – Digitalisasi telah menjadi tren yang tak terhindarkan dalam perekonomian global, dan sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) tidak terkecuali.

Transformasi digital menjadi kunci bagi UMKM untuk bersaing dan berkembang. Namun, isunya bukan hanya seputar persaingan antara pedagang offline dan online, yang lebih penting adalah bagaimana UMKM yang telah beralih ke platform digital dapat bersaing efektif dan mendukung pertumbuhan produk lokal.

“Digitalisasi tak terhindarkan, UMKM juga harus go digital dan berinovasi, Jadi isunya bukan pedagang offline kalah sama online namun bagaimana UMKM yang sudah go online harus bisa bersaing dan mendorong produk lokal untuk tumbuh dan berkembang,”. Ungkap Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki.

Salah satu tantangan yang dihadapi oleh UMKM yang beralih ke platform online adalah dominasi pedagang produk impor.

Banyak pedagang online yang lebih fokus pada produk impor daripada produk lokal. Data menunjukkan bahwa saat ini sekitar 56% dari total pendapatan e-commerce dikuasai oleh pedagang asing. Ini mencakup produk lokal dan impor, Sambungnya.

Untuk mendukung pertumbuhan UMKM lokal dan produk-produknya, perlu ada upaya untuk memperkuat UMKM lokal dan mempromosikan produk lokal di platform digital.

Ini tidak hanya menjadi tanggung jawab UMKM itu sendiri, tetapi juga tanggung jawab platform digital lokal.

Platform-platform lokal harus mendorong pertumbuhan UMKM lokal dan memainkan peran penting dalam mendukung kedaulatan ekonomi lokal.

Sebagai bagian dari upaya untuk menjaga daya saing UMKM lokal, inovasi dan transformasi digital menjadi kunci. UMKM perlu terus berinovasi dalam produk dan layanan mereka, serta meningkatkan kehadiran online mereka.

Dengan upaya bersama dari UMKM, platform digital lokal, dan dukungan dari pemerintah dan masyarakat, UMKM dapat memainkan peran yang lebih besar dalam menggerakkan ekonomi lokal dan nasional.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO