Scroll Untuk Tutup Iklan
Ekonomi

Kegiatan Discover Gorontalo 2023, Dorong Investasi dan Pemberdayaan UMKM

218
×

Kegiatan Discover Gorontalo 2023, Dorong Investasi dan Pemberdayaan UMKM

Sebarkan artikel ini
Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo bersama Kepala Dinas Pariwisata Gorontalo dan stakeholder lainnya, usai melaksanakan rapat persiapan Discover Gorontalo, Selasa (20/6/2023) di Aula Rujab Gubernur. Discover Gorontalo merupakan event promosi pariwisata & ekonomi kreatif, promosi kebudayaan, peluang kerjasama investasi, serta pemberdayaan UMKM. (Foto: Vivi/Diskominfotik)

DIGIMEDIA.ID – Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Pariwisata dan Dekranasda Provinsi Gorontalo sedang mempersiapkan kegiatan Discover Gorontalo 2023.

Acara ini bertujuan untuk mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif, memperkenalkan kebudayaan, menciptakan peluang kerjasama investasi, dan memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kegiatan ini juga merupakan bagian dari perayaan Ulang Tahun Hotel Borobudur yang ke-50.

“Momentum ini merupakan kesempatan istimewa bagi Gorontalo, karena kita diberikan kesempatan untuk mempromosikan pariwisata dan produk UMKM Gorontalo di salah satu hotel bintang lima di Jakarta.

Hari ini, kami memulai persiapan untuk acara ini, karena kegiatan ini akan berlangsung selama sekitar satu bulan, dari tanggal 5 hingga 30 Juli 2023,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Ariayanto Husain, saat memimpin rapat persiapan Discover Gorontalo di Aula Rujab Gubernur pada hari Selasa (20/6/2023).

Ariayanto menjelaskan bahwa terdapat tiga agenda utama dalam kegiatan Discover Gorontalo. Pertama adalah agenda kick-off yang akan menampilkan seni musik dan tari-tarian khas Gorontalo. Kemudian, ada agenda galeri UMKM Ekraf, dan terakhir adalah agenda Gorontalo Modunggaya.

Gorontalo Modunggaya merupakan sebuah kegiatan yang mengundang seluruh masyarakat Gorontalo dan luar Gorontalo, termasuk para investor, untuk menyaksikan pertunjukan budaya Gorontalo secara langsung.

“Kami akan menyiapkan delapan stan untuk mengisi berbagai UMKM lokal kita. Selain itu, kami juga berupaya agar Hotel Borobudur dapat menyediakan satu stan untuk kuliner lokal Gorontalo. Di sana, kami akan menampilkan pakaian khas Gorontalo, seperti karawo, biliu, dan puade (rumah pengantin) Gorontalo,” tambahnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ketua Dekranasda Gorontalo, Fima Agustina. Sebagai istri Penjabat Gubernur, ia memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini, karena dianggap mampu mengangkat UMKM lokal dan pariwisata Gorontalo.

Terlebih lagi, Discover Gorontalo dilakukan di Hotel Borobudur, yang dikenal sebagai salah satu hotel terkenal yang telah banyak memfasilitasi daerah-daerah yang ingin memamerkan atau mempublikasikan produk-produk mereka di Jakarta.

“Kami memohon dukungan dari semua pihak. Kita harus yakin bahwa acara ini dapat memberikan dampak positif terhadap ekonomi di Gorontalo. Semoga sukses bagi kita semua dan sukses untuk Discover Gorontalo 2023,” tegasnya.

Kegiatan Discover Gorontalo juga mendapatkan dukungan dari Dinas Komperindag, Bank Indonesia perwakilan Gorontalo, Dinas PM-PTSP, pelaku UMKM, desainer, dan Dekranasda kabupaten/kota.

Dengan adanya kegiatan Discover Gorontalo ini, diharapkan pariwisata dan ekonomi kreatif Gorontalo dapat semakin berkembang.

Acara ini menjadi kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk memperluas jangkauan pasar dan memperkenalkan produk-produk unggulan mereka kepada masyarakat luas. Selain itu, acara ini juga akan meningkatkan kesadaran akan kebudayaan dan potensi pariwisata yang dimiliki oleh Provinsi Gorontalo. (Ane)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO