Scroll Untuk Tutup Iklan
Pendidikan

Mengenal Lebih Dekat Sejarah dan Budaya, PMM UMGO Kunjungi 5 Wisata di Gorontalo

314
×

Mengenal Lebih Dekat Sejarah dan Budaya, PMM UMGO Kunjungi 5 Wisata di Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa PMM UMGO saat melakukan kunjungan wisata yang ada di Provinsi Gorontalo, pada Sabtu (18/05/2024)

DIGIMEDIA.ID – Rombongan Mahasiswa Inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dari Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) telah melakukan kunjungan ke lima destinasi wisata bersejarah di Provinsi Gorontalo, Sabtu 18 Mei 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Modul Nusantara, yang bertujuan untuk memperdalam pemahaman mahasiswa tentang nilai sejarah dan budaya lokal.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
PPP
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Salah satu mahasiswa PMM UMGO yang berasal dari Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Erna S. Herdiana, mengaku sangat excited berkesempatan mengunjungi salah satu ikon wisata Gorontalo yang peminatnya hingga menyentuh wisatawan asing yaitu Wisata Hiu Paus dan terbayar dengan pengalaman luar biasa bisa melihat hiu paus secara dekat.

“Jadi saya baru pertama kali datang di wisata hiu paus di Botubarani ini. Alhamdulillah tadi ada dua ekor yang muncul, saya merasa excited sekali melihat langsung. Panjangnya seukuran perahu yang kita naiki ini, diperkirakan 5 sampai 7 meter,” Jelasnya.

Lain halnya dengan, Anggun Suci Ramadani mahasiswa PMM UMGO yang berasal dari Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat, mengatakan dalam modul nusantara ia bersama teman-teman berkesempatan mengunjungi tempat bersejarah dan mengandung nilai spritual dan religi.

“Kami mengunjungi masjid tertua di Gorontalo yakni Masjid Hunto Sultan Amai dimana disampaikan sejarah mashid itu dibangun pada tahun 1495 oleh Sultan Amai, pemimpin Kerajaan Gorontalo yang pertama kali yang pertama kali masuk Islam dan menyebarkannya,” Ucapnya.

Lanjut Suci, perjalan dilanjutkan di tempat bersejarah lainnya yakni Kediaman tokoh besar Provinsi Gorontalo yakni Bapak Nani Wartobone yang juga dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional Gorontalo.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkaya pengalaman pendidikan mahasiswa dengan mempelajari dan menghargai kebhinekaan budaya Indonesia.

Rombongan mahasiswa inbound ini mengunjungi beberapa lokasi penting yang mencerminkan kekayaan sejarah dan budaya lokal Gorontalo, termasuk:

  • Kunjungan ke Danau Perintis, Bone Bolango (Kebhinekaan)
  • Kunjungan Masjid dan Makam Raja Ilato Ju Panggola di Kecamatan Batudaa, Kabupaten Gorontalo (Kebhinekaan)
  • Kunjungan Cagar Budaya Masjid Hunto Sultan Amai, Kota Gorontalo (Kebhinekaan).
  • Kunjungan ke Hiu Paus (Kebhinekaan)
  • Kunjungan Makam pahlawan Gorontalo Nani Wartabone, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango ( kebhinekaan).(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO